Unduh Aplikasi

Rekrutmen CPNS Pemkab Pijay, Syarat IPK bagi Putra Daerah Lebih Rendah

Rekrutmen CPNS Pemkab Pijay, Syarat IPK bagi Putra Daerah Lebih Rendah
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Putra-putri di Kabupaten Pidie Jaya sedikit lebih spesial dibandingkan putra-putri di luar Pidie Jaya dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kabupaten tersebut.

Pasalnya, meski tidak dapat membatasi orang luar daerah untuk menjadi CPNS di Pidie Jaya. Namun pemerintah setempat membuat sejumlah aturan yang lebih meringankan 'jika tak ingin disebut mengutamakan' putra-putri daerah untuk menjadi PNS di tahun 2019.

Salah satu aturan yang ditetapkan Pemerintah Pidie Jaya ialah, peserta CPNS dari luar Pidie Jaya harus memiliki Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3.00. Sedangkan untuk peserta dari luar Provinsi Aceh, minimal harus mempunyai IPK 3.5 untuk dapat mendaftar ulang di bagian BKPSDM Kabupaten Pidie Jaya.

Sementara putra-putri daerah Pidie Jaya, hanya butuh IPK 2.75 untuk dapat menjadi peserta CPNS 2019 di kabupaten tersebut.

"Kami berlakukan syarat seperti itu, agar peluang putra-putri daerah Pidie Jaya lebih besar," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pidie Jaya, Sulaiman Aji kepada wartawan, Jumat (15/11).

Selain syarat IPK, lanjut Sulaiman Aji, CPNS yang dinyatakan lulus nantinya tidak meminta atau mengajukan pindah tugas dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

"Sesuai Permenpan kalau sudah lulus, tidak dibenarkan untuk pindah tugas selama 10 tahun, kalau tetap memaksa pindah, dianggap meminta berhenti sebagai PNS," tegasnya.

Seperti diketahui, rekrutmen CPNS tahun 2019 mulai dibuka pendaftaran berbasis online pada 11 November 2019. Bagi peserta yang sudah mendaftar online, diwajibkan untuk mendaftar ulang di kabupaten, di Pidie Jaya dalam hal ini di bagian BKPSDM Pidie Jaya.

"Syarat-syarat seperti IPK dan lainnya, akan diverifikasi kemabali saat mendaftar ulang," jelas Sulaiman Aji.

Komentar

Loading...