Unduh Aplikasi

Rekomendasi Ditolak, Kasus Rachmatsyah-Naufal Dilapor ke Panwaslih Aceh

Rekomendasi Ditolak, Kasus Rachmatsyah-Naufal Dilapor ke Panwaslih Aceh
Panwaslih Lhokseumawe. Foto: Safrizal

LHOKSEUMAWE - Setelah rekomendasi yang dilayangkan pihak Panwaslih Lhokseumawe kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe ditolak, laporan ini akan disampaikan kepada Panwaslih Aceh. Panwaslih Lhokseumawe memprotes KIP yang menetapkan Rachmatsyah-T Naufal sebagai salah satu kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah 2017.

“KIP menilai penetapan pasangan calon tersebut sesuai mekanisme dan ketentuan,” kata Ketua Panwaslih Lhokseumawe, Muhammad AH, Kamis (10/11).

Baca: Tolak Rekomendasi Panwaslih, Rachmatsyah-T.Noufal Resmi Ditetapkan sebagai Paslon

Menanggapi balasan surat tersebut, kata AH, Panwaslih Lhokseumawe akan kembali mempelajari surat balasan tersebut. Selanjutnya, hasil kajian itu akan diteruskan kepada Panwaslih Aceh untuk memastikan keputusan itu sesuai dengan ketetapan undang-undang.

Panwaslih Lhokseumawe merekomendasi kepada KIP untuk mencoret Rachmatsyah dari pencalonan. Kandidat dari jalur independen ini dianggap belum mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik tiga bulan sebelum pendaftaran sebagai calon.

Baca: Panwaslih Rekomendasikan Pembatalan Rachmatsyah-Noufal di Pilkada Lhokseumawe

Artinya, Rachmatsyah melanggar pasal 24 huruf h Qanun Nomor 5/2012 dan Panwaslih meminta KIP setempat untuk membatalkan surat keputusan tentang penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota peserta Pilkada 2017.

Komentar

Loading...