Unduh Aplikasi

Rekanan Pulihkan Bunker Bersejarah Peninggalan Jepang

Rekanan Pulihkan Bunker Bersejarah Peninggalan Jepang
Proses pemulihan posisi bunker peninggalan Jepang. Foto: Syafrizal

LHOKSEUMAWE - Rekanan pelaksana pembangunan jalan lingkar di Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, memulihkan keberadaan bunker yang sebelumnya mereka timbun. Sebelumnya, masyarakat setempat berdelegasi ke Dinas Pekerjaan Umum Lhokseumawe menuntuk pemerintah mengembalikan posisi bunker seperti sediakala.

Baca: Hari Ini, Bunker Peninggalan Jepang Dipulihkan

Diperlukan dua alat berat untuk menggali. Hingga malam ini, pihak rekanan belum dapat mengangkat bunker itu ke permukaan. Bunker peninggalan Jepang itu merupakan kotak beton dengan tinggi empat meter persegi.

"Itu memang tanggung jawab mereka karena telah menguburkan bunker tersebut,” kata Fendi, warga Desa Ujong Blang, Sabtu (4/11). Fendi adalah satu dari empat warga desa itu yang menggugat dinas terkait untuk mengembalikan posisi bunker itu. “Apapun ceritanya, bunker itu harus dinaikkan kembali.”

Baca: Lhoksemawe minta Bunker peninggalan Jepang dilestarikan

Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kota Lhokseumawe Ishak Rizal berharap proses pengembalian posisi itu dapat dilakukan tanpa merusak bunker. “Setelah diangkat, bunker tersebut akan kita geser tidak jauh dari lokasi penggalian. Enam bunker yang masih tersisa akan dipugar.”

Komentar

Loading...