Unduh Aplikasi

PENGADAAN MULTIMEDIA TINGKAT SMA

Rekanan Duga KPA Dinas Pendidikan Aceh Ikut Bermain

Rekanan Duga KPA Dinas Pendidikan Aceh Ikut Bermain
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kegiatan pengadaan multimedia melalui sistem pembelajaran berbasis multimedia tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Dinas Pendidikan Aceh diduga dihambat oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Dari hasil berita acara hasil pemeriksaan Pokja Nomor 02/32.06/Pokja XXXVII tanggal 11 Agustus 2018 telah diputuskan bahwa pemenang pertama adalah CV. Kiby Kingdom dengan nilai penawaran Rp 2.337.500.000, pemenang kedua CV. Berkah Jaya Bersama dengan penawaran Rp 2.582.800.000. Adapun masa sanggah telah berakhir pada tanggal 16 Agustus 2018.

Dokumen LPSE

Dengan berakhirnya masa sanggah dan juga telah mendapat respon dari Kelompok Kerja (Pokja) maka selanjutnya Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) segera menerbitkan Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ) pada tanggal 27 Agustus 2018.

Yang terjadi malah KPA terkesan mencari - cari kesalahan agar proses tender dapat diulang. Bahkan pada tanggal 27 Agustus 2018, Murtadha selaku Kuasa Pengguna Anggaran Dinas Pendidikan Aceh telah menyurati Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Aceh untuk mengkaji ulang hasil lelang pekerjaan Pengadaan Pembelajaran Berbasis Multimedia tersebut.

Adapun alasan yang dituliskan oleh Murtadha dalam suratnya, bahwa pihaknya menyimpulkan hasil lelang tersebut tidak sesuai dengan Bill Of Quantity sebagaimana tercantum dalam dokumen lelang.

Surat KPA Kepada Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Aceh

Sementara itu perwakilan  Kiby Kingdom sebagai pemenang yang telah ditetapkan berdasarkan surat Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Nomor PBJ.602/1466/2018 tanggal 20 Agustus 2018 yang dihubungi oleh AJNN melalui telepon mengatakan sebenarnya tidak ada alasan bagi KPA untuk mempermasalahakan hasil lelang yang sudah diputuskan oleh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Aceh.

“Sebenarnya KPA tidak punya dasar untuk tidak menerbitkan SPPBJ karena hal ini sudah sesuai dengan prosedur dan dokumen lelang, bahkan perlu kami informasikan bahwa setelah pembuktian kualifikasi, dari Dinas Pendidikan Aceh sudah datang berkunjung ke kantor kami di Tangerang Selatan pada tanggal 9 Agustus untuk klarifikasi keaslian barang,” ujar Elvi Fauziah

Surat Kepala Dinas Pendidikan AcehCaption

Bahkan pihak dari Dinas Pendidikan Aceh membawa satu orang dari pihak swasta yang diduga sebagai pihak yang dikondisikan oleh Dinas untuk dimenangkan.

“Bahkan kami didatangi oleh tim pemenang kedua untuk meminta kami mundur, dari kejadian kedua kunjungan itu kami mensinyalir bahwa pihak dinas terindikasi berkolusi dengan pihak pemenang kedua, sehingga kami dipersulit untuk mendapatkan SPPBJ,” ungkap Elvi

AJNN mencoba menghubungi Murtadha selaku Kuasa Pengguna Anggaran Dinas Pendidikan Aceh melalui nomor WhatsApp yang biasa ia gunakan, namun nomor tersebut tidak aktif.

Komentar

Loading...