Unduh Aplikasi

Reforestasi Hutan Indonesia Bakal Dimulai dari Aceh

Reforestasi Hutan Indonesia Bakal Dimulai dari Aceh
Pertemuan Letjen TNI, Doni Monardo dengan bupati-bupati dari wilayah tengah Aceh. Foto: Ist

JAKARTA - Sesjen Dewan Ketahanan Nasional ( Wantanas) Letjen TNI, Doni Monardo menggagas pertemuan dengan beberapa bupati di wilayah tengah Aceh. Pertemuan tersebut berlangsung di di Gedung Wantanas Jalan Merdeka timur No. 15, Jakarta Pusat, Rabu (6/6) dengan tema hutan terjaga rakyat sejahtera.

Hadir dalam acara reforestasi kopi itu yakni Bupati Aceh Tengah Shabela Abu Bakar, Pjs Bupati Aceh Selatan Dedy Yuswadi dan Bupati Bener Meriah, Ahmady Samar Kilang, Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru, Pangdam IM Mayjen TNI Hafil Fuddin, USAID Lestari Program, Presiden Direktur PT. Kapal Api, Soedomo Mergonoto.

Sesjen Wantanas, Doni Monardo mengatakan luas hutan Indonesia 124 juta hektar, namun berdasarkan pantauan citra satelit luas tutupan hutan hanya 96 juta hektare.

"Saya akan melapor langsung kepada Presiden mengenai upaya reforestasi atau penanaman kembali hutan selama Pemerintahan Jokowi seluar 24 juta hektare," kata mantan Danjen Kopassus tersebut.

Salah satu upaya itu adalah reforestasi dengan kopi yang akhir-akhiri ini pasarnya sedang trend di pasar domestik dan internasional. Karena itu, tegas Doni Monardo, acara ini sangat penting dengan mengundang pengusaha yang peduli hutan seperti PT Kapal Api yang rencananya akan membantu reforestasi kopi dan marketing pasar internasional, terutama China yang mengalami peningkatan daya beli kopi dalam beberapa tahun terakhir.

"Rencana reforestasi kopi dimulai dari Aceh yang luas tutupan hutannya masih bagus, tujuannya bukan saja peningkatan ekonomi tetapi juga menghindari konflik antar warga," ujar Doni Monardo.

Di samping itu, Doni Monardo menyarankan untuk dibuat tagline agar masyarakat bangga dengan usahanya.

"Misalnya taglinenya kopi Emas Hijau Bumi Iskandar Muda," katanya.

Komentar

Loading...