Unduh Aplikasi

Realisasi Investasi di Aceh Triwulan Pertama 2012 Capai Rp 3,6 TriliunĀ 

Realisasi Investasi di Aceh Triwulan Pertama 2012 Capai Rp 3,6 Triliun 
Kepala DPMPTSP Aceh Marthunis bersama kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh menjelaskan pencapaian realisasi investasi di Aceh. Foto: AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh mencatat realisasi investasi pada triwulan pertama 2021 mencapai Rp3,63 triliun dengan jumlah serapan tenaga kerja sebesar 2.868 orang. 

Kepala DPMPTSP Aceh Marthunis mengatakan realisasi investasi pada Januari - Maret tahun ini tumbuh positif sebesar 12,06 persen atau bertambah Rp390 miliar lebih dari tahun sebelumnya pada triwulan sama Rp3,2 triliun lebih. 

"Realisasi investasi triwulan pertama kita Rp3,6 triliun dari target 2021 sebesar Rp 6,6 triliun lebih. Artinya pencapaian sudah 54,6 persen dari target," kata Marthunis, Selasa (4/5).

Marthunis menyebutkan peningkatan realisasi investasi pada triwulan pertama secara signifikan disumbangkan oleh jenis investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp3,4 triliun lebih atau 95,30 persen, sedangkan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) hanya menyumbang Rp170 miliar atau 4,70 persen. 

"Jika kita bandingkan dengan pencapaian realisasi PMA pada tahun sebelumnya, capaian pada triwulan pertama tahun ini jauh lebih baik, dimana realisasi pada triwulan pertama 2020 hanya mencapai Rp12,6 miliar," ujarnya. 

Untuk jenis investasi PMDN, lanjut Marthunis, sektor paling dominan yang menyumbang nilai investasi terbesar adalah disektor listrik, gas dan air sebesar Rp2,4 triliun atau 72,22 persen. 

Selanjutnya sektor konstruksi menyumbang investasi Rp257 miliar atau sektor jasa lainnya Rp164 miliar. Sementara industri makanan Rp162 miliar, industri kimia dan farmasi Rp137 miliar, sektor lainnya sebesar Rp239 miliar. 

"Jika dilihat peningkatan ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap iklim investasi di Aceh semakin membaik dan kondisi ini teruds dapat dipertahankan," katanya. 

Menurut Marthunis, pencapaian realisasi investasi pada triwulan pertama 2021 sudah mencapai 54,6 persen dari nilai yang ditargetkan oleh pemerintah Aceh pada tahun ini sebesar Rp 6,6 triliun lebih. 

"Pencapaian realisasi investasi pada triwulan pertama merupakan upaya bersama dan komitmen DPMPTSP provinsi dan kabupaten untuk terus mengawal investasi yang ada di seluruh Aceh," ungkapnya. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...