Unduh Aplikasi

Realisasi APBN Triwulan Pertama di Aceh Lampaui Target Nasional

Realisasi APBN Triwulan Pertama di Aceh Lampaui Target Nasional
Kakanwil DJPb Aceh Syafriadi. Foto; AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) triwulan pertama 2021 di Provinsi Aceh berhasil melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 15 persen

Kepala kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi mengatakan realisasi belanja pemerintah di Aceh pada triwulan pertama ini mencapai 17,28 persen atau Rp 2,45 triliun dari pagu Rp 14,20 triliun.

"Capaian ini melampaui target nasional yang telah ditetapkan yakni 15 persen. Tahun ini realisasinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan triwulan pertama di tahun 2019 dan 2020. Ini patut di apresiasi," kata Syafriadi, Jumat (9/4/2021).

Syafriadi menambahkan akselerasi realisasi belanja pemerintah di Aceh ini harus terus dilakukan untuk menjaga tren positif pertumbuhan ekonomi mengingat masih terdapat jenis belanja yang realisasi di bawah target.

"Realisasi dibawah target ini seperti belanja barang dengan realisasi 13,33 persen dan belanja bantuan sosial masih 3,51 persen," ujarnya.

Menurut Syafriadi, beberapa kendala yang menyebabkan rendahnya realisasi belanja seperti belum pulihnya dampak pandemi Covid 19.

Pihaknya terus mendorong agar pemerintah dapat mempercepat realisasi belanja barang dengan memperhatikan tata kelola keuangan yang baik

"Percepatan realisasi belanja barang untuk melindungi masyarakat dan mengakselerasi pemulihan perekonomian," imbuhnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...