Unduh Aplikasi

Realisasi APBA Rp 15,39 Triliun, Dewan Bentuk Pansus LKPJ Gubernur Aceh

Realisasi APBA Rp 15,39 Triliun, Dewan Bentuk Pansus LKPJ Gubernur Aceh
Rapat Paripurna DPRA terkait pembentukan Pansus LKPJ Gubernur Aceh tahun anggaran 2019, Foto: AJNN/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Dari total Rp 15,69 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2019 yang direncanakan, Pemerintah Aceh telah merealisasikan sebesar Rp 15,39 triliun atau 98,13 persen.

Hal itu ia sesuai dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh tahun anggaran 2019 yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dalam rapat paripurna dewan, di gedung utama DPRA, Senin 15 Juni 2020.

Menindaklanjuti LKPJ Gubernur Aceh tersebut, DPRA telah menggelar sidang paripurna pembentukan panitia khusus (Pansus) LKPJ Gubernur Aceh tahun anggaran 2020, Selasa (23/6).

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin mengatakan, 20 anggota Pansus LKPJ Gubernur Aceh dari setiap fraksi itu nantinya akan melihat kesesuaian laporan realisasi dengan target pembangunan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2017-2022.

"Kita akan melihat kesesuaian target pembangunan sebagaimana yang tercantum dalam dokumen RPJM maupun Renstra," kata Dahlan Jamaluddin kepada wartawan usai paripurna, Selasa (23/6).

Dahlan menyampaikan, setelah turun lapangan, Pansus DPRA nantinya bakal memberikan rekomendasi terhadap kinerja Pemerintah Aceh 2019. Baik itu dari sisi kinerja pemerintahan, umum, wajib maupun urusan penunjang.

"Kita akan berikan rekomendasi, dimana yang semestinya harus mendapatkan perhatian lebih, untuk perbaikan kinerja Pemerintah Aceh tahun 2020," tutur Dahlan.

Selain membentuk Pansus LKPJ Gubernur Aceh, dalam paripurna tersebut DPRA juga menetapkan dua Pansus rancangan Qanun Aceh yakni tentang kawasan tanpa rokok dan rencana pembangunan industri Aceh.

Komentar

Loading...