Unduh Aplikasi

Rayakan Tradisi Meugang, Bupati Aceh Jaya Imbau Orang Tua Awasi Ketat Anak di Pantai

Rayakan Tradisi Meugang, Bupati Aceh Jaya Imbau Orang Tua Awasi Ketat Anak di Pantai
Anak-anak sedang bermain dipantai Sayeung, Desa Gampong Baroe, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Tradisi meugang merupakan salah satu budaya yang hingga hari ini masih dilestarikan oleh masyarakat Aceh Jaya dan Aceh pada umumnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Pada hari Meugang, masyarakat Aceh biasanya akan pergi ke pantai-pantai terdekat dengan membawa bekal makanan bersama keluarganya, termasuk bekal untuk mandi baik di pantai maupun di sungai.

Namun tak semua pantai ramah terhadap anak, bahkan sebagian pantai juga rawan terhadap orang dewasa jika kondisi alamnya tidak bersahabat bahkan hingga ada korban jiwa.

Oleh sebab itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Jaya yang ingin merayakan tradisi meugang khususnya di pantai-pantai agar lebih waspada dan perketat menjaga anak-anak yang sedang mandi.

"Kalau untuk prokes tetap, dimana ada pontensi keramaian kita tetap minta prokesnya di tetap di patuhi, namun kita juga mengimbau kepada seluruh warga Aceh Jaya untuk lebih hati-hati dan disarankan untuk anak-anak dilarang mandi di laut tampa pengawasan yang ketat," kata Irfan TB.

Selain itu, dirinya juga sudah memerintahkan petugas keamanan dari satpol PP dan WH serta petugas dari BPBK untuk selalu memantau pantai-pantai yang ramai dikunjungi warga.

"Semoga dalam rangka menyambut bulan suci Ramdhan tahun ini kita terlepas dari marabahaya dan selalu dalam lindungannya," pungkas Irfan TB.

Komentar

Loading...