Unduh Aplikasi

Ratusan Warga di Nagan Raya Terserang Penyakit Gatal-gatal

Ratusan Warga di Nagan Raya Terserang Penyakit Gatal-gatal
Foto: Ist

NAGAN RAYA - Ratusan warga Desa Krueng Ceuko, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya terserang penyakit gatal-gatal. Penyakit yang diduga menular tersebut mulai menyerang warga sekitar sejak tahun 2018 lalu.

Penyakit gatal-gatal tersebut berbentuk kudis dan bahkan menyerang seluruh tubuh penderitanya. Gejala awalnya gatal-gatal dan bernanah lalu menjadi kudis.

Hingga saat ini warga sekitar hanya diobati menggunakan salap. Jika penderita anak-anak diberikan sirup menurut keterangan warga sekitar.

Sekretaris Desa Krueng Ceuko, Edi Saputra, mengatakan hingga saat ini belum ada penangana serius dari Dinas Kesehatan setempat.

"Kami berharap ada penanganan serius, seperti pembukaan pos kesehatan atau apalah yang bisa menangani penyakit ini. Warga sudah mulai resah," kata Edi Syahputra.

Edi mengaku ia dan salah seorang anaknya, juga menderita penyakit tersebut. Selama ini, kata dia, warga hanya mengakses obat berupa salap di Pos Bersalin Desa.

"Kalau sudah dioles salap sembuh, setelah itu tumbuh lagi. Jadi kami harap segera ditangani oleh pemerintah daerah" ungkapnya.

Dirinya mengaku tidak tahu penyebab awal penyakit tersebut, namun kata dia untuk rumahnya sendiri selama ini terjadi perubahan air yang jernih menjadi keruh.

Penyakit gatal-gatal yang dialami warga tersebut bahkan ada yang terserang satu keluarga, seperti yang dialami Suryati, (40).

Ia mengaku penyakit gatal-gatal disertai kudis tersebut awalnya dari sang anak, lalu kini satu lekuarga. Menurutnya karena terlalu gatal saat digaruk berdarah.

Bahkan, untuk mencegah semakin parah, kata dia, selama ini saat mencuci pakaian dirinya merendam pakaian dengan air panas.

"Semua warga di sini selalu merendam pakaian mulai dari baju hingga sprai pakai air panas," kata Suryati.

Namun demikian, kata dia, meski pakaian sudah direndam dengan air panas akan tetapi penyakit tersebut terus menyerang warga sekitar.

Komentar

Loading...