Unduh Aplikasi

Ratusan Warga Dewantara Diduga Keracunan Amoniak PT.PIM

Ratusan Warga Dewantara Diduga Keracunan Amoniak PT.PIM

ACEH UTARA - Ratusan warga Kecamatan Dewantara dilarikan ke rumah sakit karena diduga mengalami keracunan gas amoniak yang berasal dari PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang beroperasi di wilayah tersebut, Sabtu, (12/11).

Dari informasi yang dihimpun AJNN, insiden terjadi sekitar pukul 16.20 WIB. ratusan warga yang terdiri dari beberapa desa di sekitar pabrik PT. PIM diduga mengalami sesak nafas dan muntah-muntah. Berat dugaan ratusan warga tersebut mengalami keracunan akibat terhirup gas amoniak yang bocor dari PT.PIM.

"Awalnya ada beberapa warga yang mengeluh sesak dan muntah-muntah. Kemudian saya dapat laporan jumlah korban semakin banyak dari beberapa desa. Akhirnya seluruh warga yang menjadi korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Diduga warga terhirup gas amoniak yang bocor dari PT. PIM," kata Camat Dewantara Amir Hamzah, saat dikonfirmasi AJNN.

Camat menambahkan, saat ini semua korban yang kebanyakan terdiri dari kaum ibu dan anak-anak tersebut sudah mendapatkan penanganan medis secara intensif .

"Sebagian besar sudah bisa pulang dan menjalani perawatan di rumah. Tujuh orang masih ditangani di klinik PIM. Sedangkan sekitar 19 orang lainnya yang mengalami sesak berat kemudian dirujuk ke rumah sakit PT. Arun. Jumlah pastinya sedang didata, tapi dari perkiraan kita jumlah korban mencapai seratusan orang," tambah Amir.

Selain itu, pasca kejadian, pihaknya juga langsung melakukan koordinasi dengan aparat Polsek dan pihak PIM untuk segera menangani masalah tersebut.

"Pertama kami minta mereka segera menangani kebocoran gas amoniak tersebut. Kedua kami minta mereka untuk memfasilitasi perawatan para korban dengan baik. Masalah ini juga sudah kami laporkan ke atasan (bupati)," ungkapnya.

Sampai berita ini dirilis, ratusan warga masih mendapatkan penanganan medis baik di rumah masing-masing, di klinik PIM maupun Rumah Sakit PT. Arun.

Komentar

Loading...