Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas II B Meulaboh Terima Vaksin Dosis Pertama

Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas II B Meulaboh Terima Vaksin Dosis Pertama
Pelaksanaan vaksinasi dosis 1 di Lapas Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat. Foto: AJNN/Aidil Firmansyah.

ACEH BARAT - Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, mulai menerima vaksinasi dosis 1. Akibat antusiasnya para tahanan di lapas tersebut, membuat vaksinasi yang disediakan oleh tim vaksinator tidak mencukupi.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II B Meulaboh, Yusrifa Arif, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk para Napi sudah dua kali. Sebelumnya bekerja sama dengan Puskesmas Meureubo dapat memvaksinasi sebanyak 162 warga binaan.

“Untuk hari ini disediakan 200 dosis, dan yang daftar tiga hari sebelumnya 193 orang. Namun tadi tiba-tiba antusias meningkat dan ada 60 orang masuk dalam daftar tambahan,” kata Arif, Kamis (25/11/2021).

Pelaksanaan vaksinasi digelar ruang penjagaan ketiga, berdekatan dengan lokasi kurungan penjara warga binaan. Di lokasi, para napi berdesakan, karena tak sabar untuk bisa ikut divaksin. Mereka cukup paham bahwa vaksin sangat diperlukan untuk kesehatan dan kepentingan administratif. 

Dikatakannya, total warga binaan yang sudah menjalani vaksinasi untuk dosis 1 mencapai 355 orang, dari jumlah total penghuni Lapas Kelas II B Meulaboh yang mencapai 531 orang.

“Untuk yang belum divaksin, akan kita lakukan vaksinasi kembali pada pekan depan, agar terciptanya kekebalan kelompok, sehingga semua warga binaan akan tervaksin semua,” sebutnya.

Sementara itu, ada pula warga binaan yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi, lantaran memiliki penyakit bawaan yang membuat petugas tidak membenarkan untuk ikut mendapat suntikan vaksin.

Seperti yang dialami Muslim, warga binaan di Lapas Kelas II B Meulaboh, ia mengaku sudah tiga kali mengikuti screening test vaksinasi. Namun hanya pada kali ketiganya ia dapat disuntik.

“Sudah tiga kali saya gagal, karena saya punya riwayat penyakit dara tinggi, baru ini saya sudah bisa di vaksin dosis 1, Alhamdulillah aman aman saja, tidak terjadi apa apa usai divaksin tadi,” ujar Muslim Kepada AJNN.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini