Unduh Aplikasi

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kecamatan Samudera Aceh Utara

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kecamatan Samudera Aceh Utara
Rumah warga terendam banjir di Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu (17/11). Sarina

ACEH UTARA – Ratusan rumah di enam gampong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara terendam banjir. Banjir dengan ketinggian mencapai satu meter tersebut disebabkan meluapnya Krueng Geudong akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Bener Meriah.

Salah seorang warga di Gampong Mancang, Kecamatan Samudera, Hamizah mengatakan, air mulai naik kepemukiman warga sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi. Luapan air tersebut membuat masyarakat panik sehingga sejumlah barang-barang rumah tangga dan makanan tidak bisa diselamatkan.

“Kami kan jualan kue Pulot panggang (Beras ketan dibalut daun pisang dan dibakar) jadi bahan-bahan bakunya seperti beras dan gula serta lainnya hanyut dan tidak bisa di pakai lagi,” katanya kepada AJNN, Sabtu (17/11).

Hamizah menambahkan, sementara air yang menggenangi rumahnya mencapai hingga satu meter. Barang-barang elektronik sebagian sempat dievakuasi, sementara untuk tempat tinggal mereka saat ini masih belum tau untuk mengungsi kemana.

“Kami sangat berharap pada pemerintah untuk memberikan bantuan sumbangan makanan, karena sebagian kami warga dari padi belum makan,” ungkapnya.

Sementara itu Keuchik Gampong Mancang, Abdul Ghani mengatakan, banjir yang melanda akibat jebol tanggul tersebut sudah tiga tahun berturut-turut terjadi. Dan tahun ini paling parah, sehingga hampir semua rumah warga yang ada di gampong tersebut tergenang air.

“Tanggul ini tidak pernah ditanggapi serius oleh pemerintah untuk memperbaikinya, setiap kami melaporkan mereka hanya mengiyakan saja, namun untuk hasilnya belum ada. Dan kami masyarakat sangat kecewa karena giliran banjir seperti ini kami yang merasakannya,” pungkasnya.

Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar mengatakan, sejauh ini pihaknya masih mendata jumlah korban banjir yang ada di kawasan tersebut. Setelah itu pihaknya akan menyerahkan ke Pemkab Aceh Utara untuk menyalurkan bantuan massa panik.

Komentar

Loading...