Unduh Aplikasi

Ratusan Pelaku UMKM di Aceh Barat Terima Bantuan Modal Usaha Dampak Pandemi Covid-19

Ratusan Pelaku UMKM di Aceh Barat Terima Bantuan Modal Usaha Dampak Pandemi Covid-19
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Sebanyak 993 pelaku usaha mikro di Aceh Barat menerima bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan modal usaha itu merupakan dana hibah dari Pemerintah Pusat melalui Kemeterian Koperasi Republik Indonesia untuk setiap UMKM yang ada di Aceh Barat.

Kepala Dinas Perdagangan fan Koperasi Kabupaten Aceh Barat, Zulyadi mengatakan, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 2.988 UMKM, namun untuk tahap awal yang baru lolos verifikasi dan dinyatakan layak mendapatkan bantuan tersebut baru 993 pelaku usaha.

“Penyaluran ini dilakukan secara bertahap untuk tahap pertama ini kami salurkan kepada 993 pelaku usaha mikro, kecil, nanti akan ada tahap selanjutnya,” kata Kadis Perdagangana Dan Koperasi, Zulyadi, Senin (14/9).

Bantuan ini, kata dia, diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya, sekaligus untuk membantu modal usaha, agar produtivitas UMKM di tanah air semakin lebih baik dan berkembang, di tengah pandemi virus corona.

Baca: 102 Ribu Lebih Usaha Mikro di Aceh Lolos Verifikasi

Kata dia, adapun pelaku usaha yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan pelaku usaha dengan modal di bawah Rp 5 juta.

“Selama mereka memiliki usaha dengan modal di bawah Rp 5 juta, maka akan mendapatkan bantuan, seperti misalnya industri kue, pandai besi dan usaha kios kelontong yang memang kami anggap layak dibantu sesuai dengan yang disyarakatkan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, setiap pelaku UMKM yang menerima bantuan ini langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima manfaat.

"Program bantuan modal usaha ini menargetkan penerima sebanyak 12 juta UMKM yang tersebar di seluruh nusantara," jelasnya.

Komentar

Loading...