Unduh Aplikasi

Ratusan Kotak Rokok Luffman yang Ditangkap di Aceh Tamiang Bernilai Rp 5,9 Miliar

Ratusan Kotak Rokok Luffman yang Ditangkap di Aceh Tamiang Bernilai Rp 5,9 Miliar
Ratusan karton rokok Luffman saat diamankan di kantor Bea Cukai Langsa. Foto : Untuk AJNN.

ACEH TAMIANG - Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Langsa, Iwan Kurniawan menyebutkan 330 karton atau 3.300.000 batang rokok ilegal yang ditangkap di Aceh Tamiang kemarin Minggu 11 April 2021 bernilai sekitar Rp 5.970.000.000.

"Kalau dari sisi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 3.623.000.000," kata Iwan Kurniawan dalam keterangan tertulisnya yang di kirim ke AJNN, Senin (12/4/2021).

Dikatakan Iwan, rokok Luffman tersebut ditangkap karena tidak dilekati pita cukai dibungkusannya (polos), sehingga merugikan negara sebab tidak ada pembayaran cukai.

Baca: Ratusan Kotak Rokok Luffman Ditangkap di Aceh Tamiang

Saat ini, kata Iwan, petugas Bea Cukai Langsa masih melakukan penelitian lebih lanjut terhadap 330 karton rokok Luffman tersebut, termasuk dilakukan pemeriksaan mau dibawa kemana rokok-rokok tersebut.

"Untuk sementara tiga orang pelaku yang diamankan membawa rokok tersebut yaitu masing-masing berinisial H, R dan Y, semuanya warga Jambi dipersangkakan melanggar pasal 54 UU No. 39 Tahun 2007 tentang cukai," kata Iwan.

Dalam pasal tersebut, kata dia, disebutkan setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) bisa dipidana penjara paling lama 5 tahun.

"Kemudian juga dikenakan denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak sepuluh kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.” terangnya.

"Penangkapan rokok Luffman tidak hanya untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya barang-barang ilegal yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan. Namun tindakan teraebut dilakukan sebagai bentuk kerja nyata Bea Cukai dalam mengamankan penerimaan negara," tambah Iwan.

Seperti diberitakan sebelumnya, personil Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang bekerjasama dengan petugas Bea Cukai menangkap ratusan kotak rokok yang diangkut menggunakan truk, Minggu 11 April 2021.

Truk penuh muatan rokok asal Jambi itu ditangkap di jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...