Unduh Aplikasi

Ratusan Korban Banjir Terkena Pecahan Kaca dan Mulai Diserang Penyakit

Ratusan Korban Banjir Terkena Pecahan Kaca dan Mulai Diserang Penyakit
Posko pengobatan di Lhoksukon. Foto: AJNN/Sarina.

ACEH UTARA – Lima hari sudah bencana banjir melanda Kabupaten Aceh Utara. Akibatnya, ratusan pengungsi di Kecamatan Lhoksukon, mulai diserang penyakit, Selasa (8/12).

Kepala Puskesmas Lhoksukon, Dokter Adnani kepada AJNN mengatakan, hingga hari ini, jumlah pasien yang mereka tangani di kecamatan itu sudah mencapai 400 orang.

“Posko kesehatan ini sudah dibangun sejak tiga hari lalu, selain di Lhoksukon, posko kesehatan juga terdapat disejumlah kecamatan lainnya,” kata Adnani.

Sambung Adnani, korban banjir yang datang berobat, mengeluh, gatal-gatal, demam, sakit perut, hingga terkena pecahan kaca di kaki serta mengalami luka-luka.

“Untuk yang kena pecahan kaca, hari ini yang berobat sebanyak 20 jiwa,” ujarnya.

Sambung Adnani, selain ditangani diposko, pihaknya juga menyediakan posko mobile, yakni dengan keliling menggunakan ambulance, jika terlihat warga yang sakit maka segera ditangani pengobatannya.

“Pasien yang datang, dari kawasan Lhoksukon, kalau untuk obat-obatan masih mencukupi, baik itu sirup, tablet dan juga obat oles,” ungkapnya.

Lanjutnya, pasien yang paling banyak berobat hari ini, disebabkan karena lalu lintas sudah bisa dilalui, sehingga warga bisa kembali melewati arus lalu lintas seperti biasanya.

“Pasien yang tidak mampu ditangani di posko, kami rujuk ke rumah sakit, karena Puskesmas Lhoksukon masih lumpuh,” imbuhnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...