Unduh Aplikasi

Ratusan Juta Bantuan BNPB untuk Banjir Pidie Dikembalikan

Ratusan Juta Bantuan BNPB untuk Banjir Pidie Dikembalikan
PIDIE - Ratusan juta dana bantuan banjir Pidie yang diserahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia terpaksa dikembalikan, lantaran tak habis digunakan.

Beberapa waktu lalu BNPB menyerahkan bantuan banjir Pidie sebesar Rp 538 juta melalui BPBD setempat, hanya Rp sekitar Rp 100 Juta yang digunakan, selebihnya terpaksa dikembalikan ke kas BNPB.

“Benar, berkisar ratusan juta bantuan tersebut terpaksa kita kembali lagi ke kas BNPB karena tak habis digunakan,” sebut Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi kepada AJNN, Rabu (9/3).

Apriadi menyebutkan, dana itu hanya bisa digunakan untuk sewa rumah 32 unit sebesar Rp 67.200.000, biaya operasional sebesar Rp 80.000.000. sandang sebesar Rp 250.000.000, biaya dapur umum atau pangan sebesar Rp 70.000.000.

“Tapi hanya untuk sewa rumah dan biaya operasional yang digunakan, sedangkan untuk sandang dan dapur umum belum dapat disalurkan lantaran pihak kecamatan belum mengusulkan bantuan sandang kepada korban banjir,”ungkapnya.

Sejauh ini, lajutnya pihak BPBD tidak berani menggunakan dana itu untuk kepentingan lain karena dalam aturan, dana tersebut harus digunakan sesuai permohanan yang telah diusulkan sebelumnya.

”Artinya, jika tidak dikembalikan dan digunakan di luar aturan, maka akan bermasalah dengan hukum,“papar Apriadi.

Komentar

Loading...