Unduh Aplikasi

Ratusan Hektare Sawah di Simpang Keramat Kekeringan, Petani Terancam Gagal Panen

Ratusan Hektare Sawah di Simpang Keramat Kekeringan, Petani Terancam Gagal Panen
Kondisi tanaman padi di Simpang Keramat . Foto: Ist

ACEH UTARA – Masuknya musim kemarau dan minimnya curah hujan di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara sejak beberapa bulan terakhir, mengakibatkan sawah tadah hujan di kawasan tersebut kekeringan.

Ratusan hektare tanah sawah mulai kering sehingga tanaman padi milik petani di Kecamatan Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara terancam gagal panen.

Salah seorang petani, di Gampong Paya Leupah, Kecamatan Simpang Keramat, Muhifuddin mengatakan, kekeringan itu mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir, akibatnya, padi yang baru ditanam tersebut terancam mati.

“Tanah sudah kering dan retak sejak beberapa pekan terakhir, padi baru tumbuh ini ditakutkan akan mati, akibatnya akan gagal panen,” katanya, Kamis (30/1).

Dikatakan Muhifuddin, untuk mengantisipasi agar tanaman padinya tidak mati, dirinya mengalirkan air dan menyiramnya menggunakan mesin pompa air.

“Jadi sawah yang ada di Kecamatan Kuta Makmur yakni di Gampong Paya Leupah 200 hektare, Seuneubok Puntu 70 hektare, Paya Teungoh 150 hektare, Alue Lim 200 Hektare dan Gampong Simpang Keramat 400 Hektare,” tuturnya.

 

Komentar

Loading...