Unduh Aplikasi

PASCA-BANJIR

Ratusan Hektare Padi dan Jagung di Aceh Jaya Terancam Gagal Panen

Ratusan Hektare Padi dan Jagung di Aceh Jaya Terancam Gagal Panen
Kondisi Tanaman Jagung Pasca dilanda Banjir Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Ratusan hektare tanaman padi dan jagung yang terendam akibat banjir di Aceh Jaya beberapa waktu lalu mengakibatkan sejumlah petani rugi besar karena gagal panen.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikurtural Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, Fadlon Mirza, Senin (28/10) mengungkapkan jika saat ini sesuai data yang diterima memang ada dampak banjir terhadap tanaman padi dan jagung di Kecamatan Teunom dan Pasie Raya.

Ia mengungkapkan ada sekitar 116 hektare tanaman jagung yang terkena banjir di Kecamatan Pasie Raya, dari luas penanaman sebanyak 594 hektare. Sedangkan untuk tanaman padi ada sekitar 1,5 hektare yang terkena banjir dari 63 hektare luas penanaman.

Baca: Banjir Juga Landa Aceh Jaya, Akses Transportasi ke Pasie Raya Lumpuh

"Untuk jumlah yang gagal panen (puso) masih dalam pendataan baik itu jagung maupun padi, karena hingga kemarin ada yang masih terendam," ujarnya.

Untuk di Kecamatan Teunom, menurut laporan ada sekitar 84 hektare tanaman jagung yang terkena banjir dari 369 hektare luas penanaman. Sedangkan tanaman padi ada sekitar 39 hektare yang terkena bajir dari 63 hektare luas penanaman.

"Di Kecamatan Teunom ada sekitar 6 hektare tanaman jagung yang gagal panen, sedangkan tanaman masih dalam pendataan," uangkap Fadlon.

Selain itu, pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan laporan secara berkala kepada Dinas Pertanian provinsi Aceh dan Kementan.

"Sedangkan data riil akan dikirim hari ini," ujarnya.

Komentar

Loading...