Unduh Aplikasi

Ratusan Ekor Hewan Kurban Disalurkan ke Gampong-gampong di Pidie Jaya

Ratusan Ekor Hewan Kurban Disalurkan ke Gampong-gampong di Pidie Jaya
Hewan kurban Pemkab Pidie Jaya tahun 2021. Foto: AJNN/Muksalmina.

PIDIE JAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya menyalurkan ratusan ekor hewan kurban  ke gampong-gampong dalam kabupaten setempat, Minggu (18/7).

Penyerahan hewan kurban tersebut dilaksanakan di komplek perkanntoran Cot Trieng. Penyerahan oleh Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas yang diserah terimakan kepada delapan camat untuk disalurkan ke gampong.

Sejatinya Pemkab Pidie Jaya mengumpulkan sebanyak 182 ekor hewan kurban. Namun yang disalurkan ke gampong sebanyak 161 ekor.

Selain ke gampong-gampong, hewan yang dikumpulkan dari pegawai di lingkungan Pemkab Pidie Jaya itu juga disalurkan ke pondok pesantren dalam dan luar Pidie Jaya, serta lembaga permasyarakatan di Kabupaten Pidie.

Adapun rinciannya, Kecamatan Bandar Baru 31 ekor, Panteraja 7 ekor, Trienggadeng 19 ekor, Meureudu 22 ekor, Meurah Dua 15 ekor, Ulim 19 ekor, Jangka Buya 13 ekor, dan Kecamatan Bandar Dua 35 ekor.

Selanjutnya, Dayah Mudi Mesra 1 ekor, Dayah Arongan 1 ekor, Darul Munawarah Kuta Krueng 1 ekor, Yayasan Bustanul Aitam Ulim 1 ekor, Yayasan Darul Aitam Meureudu 1 ekor.

"Kenapa ada ke dayah di luar Pidie Jaya, karena ini dilakukan mengingat banyak kabilah para santri dari Pidie Jaya yang mondok disana dan tidak pulang kampung," kata Kabag Humas Sekdakab Pidie Jaya, Fakhri kepada AJNN.

Begitu juga hewan kurban yang disalurkan ke lembaga permasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Pidie. Katanya, lapas di Kabupaten Pidie juga banyak dihuni oleh masyarakat Pidie Jaya.

"Lapas tiga ekor, Lapas Kota Bakti, Lapas Benteng Sigli, dan Lapas wanita," sebutnya.

"Satu atau dua ekor untuk petugas kebersihan tergantung nanti kita lihat jumlah petugasnya,"  tambahnya.

Sementara sisanya, lanjut dia, akan disalurkan ke gampong-gampong yang kemungkinan saat dicek lagi nanti jumlah kurban tidak mencukupi. Pada intinya semua sisa hewan kurban tersebut akan disalurkan. 

"Sesuai dengan semangat kurban tahun ini sebagaimana dalam arahan Bupati yaitu kurban sebagai bentuk keikhlasan beramal para pegawai di lingkungan Pemkab Pidie Jaya," pungkasnya.

Harga hewan kurban Pemkab Pidie Jaya pada Hari Raya Idul Adha ini berkisar antara Rp 13 juta hingga Rp 15 juta. 

Komentar

Loading...