Unduh Aplikasi

Ratna Eliza Melawan Reputasi Kanker

Ratna Eliza Melawan Reputasi Kanker
Ratna
Menjadi seorang pegiat sosial memerlukan banyak energi. Tak peduli lelah dan waktu. Bahkan terkadang, seorang aktivis harus rela mengorbankan kesenangan saat berkumpul dengan keluarga demi sebuah pengabdian.

Adalah Ratna Eliza yang rela mengorbankan banyak kesenangan demi para penderita kanker, khususnya anak-anak. Pengasuh komunitas Children Cancer Care Community (C-FOUR) ini merasa perlu memberikan perhatian lebih besar kepada para penderita.

"Mereka perlu perhatian, kasih sayang dan rasa empati kita untuk memacu semangat mereka. Mereka perlu semua itu untuk sembuh," kata Ratna kepada AJNN.

Aktivitas ini dilakukannya hampir selama dua tahun terakhir. Setiap mendapat kabar dari rumah sakit yang menangani kasus kanker, Ibu dari tiga orang anak ini bergegas meninggalkan segala kesibukannya untuk menjumpai si pasien.

Menurut Ratna, reputasi kanker tak seseram namanya. Banyak pasien yang didiagnosa menderita kanker dapat disembuhkan dengan perawatan cepat dan tepat. Terutama anak-anak. Berbeda dengan penderita kanker berusia lanjut, harapan hidup anak-anak penderita kanker lebih besar.

Kepada anak-anak pengidap kanker, Ratna berusaha membangkitkan semangat. Rasa ini penting bagi anak penderita kanker untuk mempercepat proses penyembuhan.

Selama lebih kurang dua tahun ini, C-FOUR merangkul lebih dari 20 anak penderita kanker dari seluruh Aceh. C-FOUR mencoba membuka mata publik tentang pentingnya kepedulian terhadap penderita kanker. Apalagi banyak dari mereka terlahir dari keluarga miskin.

"Banyak dari mereka tak berdaya untuk sekedar berobat di Banda Aceh," ungkap Ratna. "Apalagi tak semua biaya obat ditanggung asuransi. Belum lagi ditambah biaya hidup selama menjalani perawatan. Kebanyakan orang tua hanya bisa meratapi penderitaan anak mereka." jelasnya

Sebagai ibu, Ratna juga harus bisa memberikan waktu bagi keluarga. Dia juga masih bekerja sebagai staf keuangan di sebuah sekolah menengah di Banda Aceh. Sebagai seorang yang peduli, Ratna berharap dapat terus berbuat untuk penderita kanker.

“Saya tidak mengemis kepada siapapun. Yang saya inginkan adalah mereka yang memiliki kelebihan peduli dan mau membantu anak-anak ini," kata Ratna.

Di sanubarinya, dan dalam setiap doa, Ratna berharap diberikan umur, kesehatan, kesempatan dan rezeki untuk terus mendampingi anak penderita kanker. Bagi Ratna, mereka seperti anak sendiri.

|DARA HERSAVIRA
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...