Unduh Aplikasi

Raskin di Singkil Tak Layak Konsumsi

Raskin di Singkil Tak Layak Konsumsi

ACEH SINGKIl - Beras bagi penduduk miskin (Raskin) di Kecamatan Gunung Meriah Aceh Singkil tak layak konsumsi. Kondisi itu pun membuat warga enggan menerima beras ransum berlabel Badan Urusan Logistik (Bulog) yang diberikan setiap tiga bulan sekali itu.

Protes dari warga itu salah satunya terjadi di Desa Tulaan dan Lae Butar, beras yang tak layak konsumsi itu ramai-ramai di kembalikan ke rumah kepala Desa karena sudah beraroma busuk, lapuk dan berwarna kekuning-kuningan,

Mmemang kami ini orang miskin, tapi jangan seperti ini, jangan kan orang, ayam pun gak mau makan,” keluh Ali salah seorang warga.

Ngatijo Kepala Kampong Tulaan melalui Kaur Umum Nuryati mengatakan jatah beras bulog yang diperuntukkan bagi lebih dari 200 rumah tangga miskin itu didrop ke desa mereka, minggu (31/10), kemudian mulai dibagikan esok harinya. Saat dibagikan ternyata sebagian beras dalam karung 20 Kg tersebut banyak yang tak layak konsumsi, sehingga warga mengeluh.

"Kami hanya menerima, kemudian kami menyalurkan, nah waktu dibagikan itu baru ketahuan berasnya sudah tidak layak dimakan lagi, memang ada juga yang bagus, tidak semuanya, sehingga ada keluhan dari warga kami," kata Nuryati, Rabu (3/11).

Melihat Kondisi itu, kata Nuriati pihaknya langsung melapor ke Kecamatan dan meminta beras yang tidak layak konsumsi tersebut ditarik dan digantikan dengan yang baru serta meminta warga yang telah menerima beras tidak lagi layak konsumsi untuk mengembalikanya.

"Pak Kades langsung inisiatif lapor ke kecamatan minta diganti, kalau gak kami gak mau bayar, setelah itu kita beritahukan kepada warga untuk dikembalikan, bagi yang berasnya bisa di konsumsi gak apa-apa, tak usah dipulangkan, karena tidak semuanya jelek," jelas Nuryati.

Komentar

Loading...