Unduh Aplikasi

Rangka Baja Jembatan Kreung Teukuh di Abdya Terancam Jadi Besi Tua

Rangka Baja Jembatan Kreung Teukuh di Abdya Terancam Jadi Besi Tua
Besi Rangka Baja di Samping Kantor PU Abdya
ACEH BARAT DAYA - Sejumlah rangkaian peralatan besi rangka baja yang diletakan samping kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2013 lalu, kondisinya cukup memprihatinkan. Pasalnya, peralatan yang menguras uang rakyat miliaran rupiah itu, dibiarkan dimakan usia.

"Hampir 2 tahun kondisi peralatan tersebut dibiarkan begitu saja, seakan di beli bukan dengan uang negara," kata Ketua Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara (Komnas-Waspan) Abdya Irfan Faisal SH kepada AJNN, Minggu (11/10).

Menurut Irfan Faisal, peralatan yang telah tersedia harus benar-benar dijaga semaksimal mungkin, sehingga jika suatu saat diperlukan, negara tidak lagi mengelontorkan anggaran untuk keduakalinya.

"Jika dibiarkan bertahun-tahun dalam hujan dan panas oleh Intansi terkait, berarti sama saja tidak menghargai uang rakyat, sebab jika suatu saat proses hukum selesai, alat itu bisa dimamfaatkan kembali, sehingga uang daerah bisa diselamatkan," jelasnya.

Sebenarnya, kata Irfan, sekalipun sudah ada garis polis line, pihak dinas bisa menyurati pihak penagak hukum yang berwenang untuk minta izin.

"Kalau punya niat baik pasti ada caranya, semua harus ditempuh dengan proedur," ulasnya.

Irfan berharap, agar Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas PU untuk segera mengambil ini siatif agar uang rakyat tidak terbuang sia-sia.

"Itu tergantung inisiatif pihak dinas, mengutamakan kepenting rakyat atau tidak, yang pasti sudah kita ingatkan," tuturnya

Menanggapi hal tersebut, Kadis PU Abdya Rahwadi, yang di hubungi AJNN mengatakan, agar wartawan untuk tidak meminta tanggapan kepada dirinya.

"Jangan tanya ke saya, tanyakan saja ke Polda Aceh langsung," elaknya yang mengaku sedang berada di Kecamatan Babahrot.

Seperti diketahuin, Dinas PU Abdya memberhentikan pekerjaan atau memutuskan kontrak kerja dengan PT Rudy Jaya karena dianggap tidak sanggup mengerjakan proyek pembangunan Jembatan Krueng Teukuh di Gampong Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee, Abdya.

Untuk menyelamatkan aset negara, saat itu, pihak dinas terpaksa memindahkan rangka baja dari lokasi pembangunan di Kecamatan Kuala Batee kemudian di amankan di samping kantor PU Abdya.

|Julida Fisma

Komentar

Loading...