Unduh Aplikasi

SENGKETA PEMILIHAN KEPALA DESA EMPAT LIMA

Ramli Menang Pertama, Saiful Menang Kedua

Ramli Menang Pertama, Saiful Menang Kedua
Hasil pemilihan kedua Kepala Desa Empat Lima, Aceh Tenggara. Foto: ist
ACEH TENGGARA - Terkait sengketa Pemilihan Kepala Desa Empat Lima, Kecamatan Bukit Tusam, Aceh Tenggara, Asisten I Pemkab Agara, Ali Surahman, mengatakan dari hasil pemilihan yang dilaksanakan setahun yang lalu, kedua belah pihak tidak menerima hasil perhitungan suara dalam pemilihan itu.

“Kedua belah pihak berkeberatan atas hasil pemilihan tersebut,” kata Ali Surahman kepada AJNN, Kamis (28/4). “Pemilihan pertama si Ramli menang, pemilihan kedua Saiful menang.”

Hal tersebut membuat pihak kecamatan setempat dilaporkan ke polisi oleh Ramli dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang. Akibat pelaporan tersebut, Ali mengaku semua pihak dipanggil oleh polisi, mulai dari panitia pemilihan hingga ke dirinya. Sehingga pihak pemerintah kabupaten meminta fatwa ke Pengadilan Negeri Kutacane.

Sesuai peraturan, kata Ali, dalam sengketa pemilihan kepala desa, bupati berhak mengeluarkan surat keputusan untuk dilaksanakannya pemilihan ulang.

Alhasil, keluarlah surat keputusan memerintahkan pemilihan ulang. Terkait pemberitaan sebelumnya, bahwa Saiful Amri memenangkan pilkades desa tersebut, Ali Surahman berujar, Saiful Amri tidak dilantik karena proses mekanisme pilkades dari bawah belum dianggap tuntas.

Komentar

Loading...