Unduh Aplikasi

Rakornas Komisi Informasi ke 6 Akan Digelar di Aceh

Rakornas Komisi Informasi ke 6 Akan Digelar di Aceh
Rakornas aceh, Foto : Facebook
BANDA ACEH – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi se - Indonesia ke 6, akan digelar di Aceh pada 15-17 Oktober 2015 yang bertempat di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Dalam kegiatan itu, sebanyak 27 Provinsi dan 4 kab/kota sudah dipastikan hadir dalam kegiatan tersebut. Acara Rakornas ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, Kamis (15/10) besok.

Ketua Komisi Informasi Aceh Afrizal Tjoetra mengatakan, tujuan kegiatan Rakornas dalam rangka untuk menyelaraskan strategi peningkatan kinerja Komisi Informasi seluruh Indonesia untuk mewujudkan budaya keterbukaan informasi sebagai upaya mendorong pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Indonesia.

“Acara akan berlangsung selama tiga hari. Setiap provinsi dan kab/kota akan mengirimkan 6 orang yang terdiri 5 orang komisioner dan satu orang sekretaris,” kata Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA) Afrizal Tjoetra dan didampingin oleh Sekretaris Pusat KIP, Bambang Hardi Winata dalam konferensi pers, Rabu (14/10) di Banda Aceh.

Selain itu, kata Afrizal, kegiatan ini dijadikan rembuk nasional untuk menyepakati berbagai strategi pelaksaan tugas dan fungsi serta aturan-aturan yang dibutuhkan oleh Komisi Informasi dalam menjalanakan Undang-undang Keterbukaan Informasi.

“Kegiatan ini akan dihadiri lebih kurang 250 peserta. Selain itu juga aka ada tim peninjau dari beberapa Provinsi seperti Maluku Utara, Papua Barat, NTT, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Pemilihan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakornas, tambah Afrizal, merupakan hasil keputusan Komisi Informasi Pusat berdasarkan usulan yang berkembang dalam Rakornas ke 5 pada 2014 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, adanya ketersedian Pemerintah Aceh dan Komisi Informasi Aceh, sehingga diumumkan secara resmi pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Tanggerang, Banten.

“Kita harus bangga dipilihnya Rakornas di Aceh khususnya Kota Banda Aceh. Ini bisa menjadi wadah silaturahmi dan berbagi informasi tentang kemajuan di Aceh pasca konflik dan bencana tsunami,” jelasnya.

Pada malam harinya setelah acara pembukaan, tambah Afrizal, seluruh peserta Rakornas akan diundang oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah pada acara jamuan makan malam di Anjongan Mon Mata.

“Semoga acara yang sudah disusun dengan baik ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, “ harapnya.
|FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...