Unduh Aplikasi

Rafli Kecewa Cara Pemerintah Aceh Sambut Wakil Perdana Menteri Turki

Rafli Kecewa Cara Pemerintah Aceh Sambut Wakil Perdana Menteri Turki
Anggota DPD RI Rafli Kande. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Rafli Kande mengungkapkan kekecewaannya terhadap Pemerintah Aceh ketika menyambut kedatangan Wakil Perdana Menteri Turki Fikri Isik ke Aceh, Jumat (13/10).

"Semestinya ada penyambutan dengan esensi ke-Acehan dengan menunjukkan nilai-nilai peumeulia jamee yang ditunjukkan kepada para petinggi negara-negara Islam, termasuk Turki," ungkap senator asal Aceh ini Sabtu (14/10).

Seharusnya, kata Rafli, Aceh dapat membangun hubungan yang bergensi dengan Turki.

"Terus terang, sebagai seorang wakil daerah, saya merasa kecewa dengan sambutan seadanya yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh. Semestinya kita menyambut dengan hal yang istimewa yang mampu merekat hubungan bathin Aceh-Turki yang dulunya telah terbin," katanya..

Bahkan, Rafli menilai cara penyambutan Pemerintah Aceh terhadap Wakil Perdana Menteri Turki terkesan apa adanya, seakan tak menunjukkan nilai ke-Acehan yang telah mendunia di masa lampau.

"Saya berharap kedepan Pemerintah Aceh dapat membangun hubungan baik dengan negara-negara Islam. Aceh harus bisa melihat peluang yang lebih meruang demi kemaslahatan Aceh di masa yang akan datang," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyambut kunjungan Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik dan rombongan di Bandara Sultan Iskandar Muda.

Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik dan delegasinya tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 10.30 WIB pagi menggunakan jet pribadi.

Sebelum ke Aceh, Fikri Isik lebih dulu ke Jakarta untuk menghadiri kegiatan Joint Commission for Economic and Technical Cooperation di Jakarta.

Dalam perjalanan pulang ke Turki, Fikri Isik dan rombongan singgah di Aceh untuk bertemu dengan Irwandi Yusuf dan masyarakat Aceh.

Dalam pertemuan singkat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Gubernur Aceh sempat menceritakan perjalanannya ke Turki untuk menjajaki dan mempromosikan Aceh pada acara Festival Kopi di Istanbul.

Upaya tersebut kata Irwandi membuahkan hasil, dua perusahaan turki yang bergerak dan bidang energi melakukan MoU dengan Pemerintah Aceh untuk mengembangakan Proyek Geothermal dan Gas Bumi.

Irwandi berharap Wakil Perdana Menteri Turki untuk mengajak para investor Turki untuk berinvestasi di Aceh.

Seusai pertemuan itu, Fikri Isik bersama Gubernur Aceh dan rombongan menuju ke Masjid Raya Baiturrahman untuk menunaikan Salat Jumat.

Komentar

Loading...