Unduh Aplikasi

R-APBK Pidie 2020 Dibahas Tertutup, Praktisi Hukum: Ini Kemunduran

R-APBK Pidie 2020 Dibahas Tertutup, Praktisi Hukum: Ini Kemunduran
Praktisi hukum Muharramsyah. Foto: Ist

PIDIE - Praktisi hukum Muharramsyah menilai pembahasan lanjutan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (R-APBK) Pidie tahun 2020 oleh anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRK setempat bersama eksekutif dengan cara tertutup semakin banyak menimbulkan kecurigaan.

Meskipun dalam rapat pembahasan anggaran tertutup hanya biasa-biasa saja, namun seharusnya dapat terbuka untuk umum.

"Rapat yang berhubungan dengan kepentingan publik seyogianya harus terbuka agar tidak menuai kecurigaan oleh publik. Karena dengan terbuka maka akan jelas apa yang dibahas," kata Muharramsyah kepada AJNN, Senin (30/12) melalui press rilis.

Soal anggaran, mekanisme pembahasan secara tertutup, sebut Muharram, adalah kemunduran. Untuk apa dilakukan secara tertutup padahal itu merupakan informasi publik yang harus diketahui.

Baca: R-APBK Pidie 2020 Dibahas Tertutup

"Meskipun secara teknis rapat tertutup dilakukan karena mungkin menghindari kesalahan pahaman publik, namun data dan informasi sebagai bahan pembahasan harusnya tetap terbuka," ujarnya.

DPRK yang baik itu, menurut Muharram, harusnya rapat apapun yang berkaitan dengan kepentingan publik harus dilakukan secara terbuka.

"DPRK yang senang dengan cara tertutup, patut dijuluki DPRK yang tidak reformis," timpal Muharram.

Komentar

Loading...