Unduh Aplikasi

Qurban 1441 Hijriah di Pidie Jaya, Pemkab 171 ekor, Kemenag 150 ekor

Qurban 1441 Hijriah di Pidie Jaya, Pemkab 171 ekor, Kemenag 150 ekor
Hewan qurban milik Pemkab Pidie Jaya. Foto: For AJNN

PIDIE JAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya menargetkan hewan qurban hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah sebanyak 222 ekor. Meski tidak mencapai target. Namun hewan qurban dari Pemkab Pidie Jaya pada hari raya qurban tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Kami menargetkan sebanyak 222 ekor hewan qurban tahun ini, target itu agar dapat disalurkan satu gampong satu hewan qurban, tetapi walaupun tidak mencapai target, jumlah hewan qurban tahun ini melebihi tahun lalu,” kata Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi kepada AJNNN, Rabu (29/7).

Waled--sapaan akrab Said Mulyadi--menyebutkan, hewan qurban yang terkumpul dari pejabat dan  seluruh SKPK yang ada di Pidie Jaya pada tahun ini sebanyak 171 ekor. Sementara tahun lalu sebanyak 159 ekor.

“Alhamdulillah mencapai 171 ekor hewan qurban. Terkait penyaluran diatur oleh camat setiap kecamatan, tentunya yang akan dibagi kepada gampong- gampong yang tidak berqurban, ataupun gampong-gampong yang penduduknya banyak tapi kekurangan hewan qurban,” jelas Waled.

Saat pembagian hewan qurban yang berlokasi di komplek perkantoran bupati setempat, satu ekor yang berukuran jumbo menyita perhatian seluruh orang-orang dilokasi.

Lembu jenis simental yang diperkirakan berbobot 500 san kilogram itu adalah hewan qurban milik Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas.

“Lembu ini sudah kami beli waktu kecil dan kami pelihara dari dua tahun lalu yang memang diniatkan untuk qurban,” kata Aiyub Abbas.

Bupati Pidie Jaya sendiri pada tahun ini berqurban sebanyak lima ekor lembu, termasuk lembu simental itu. Sementara Wakil Bupati, Said Mulyadi berqurban tiga ekor lembu.

Dari 171 hewan qurban itu akan dibagikan ke Kecamatan Bandar Baru 30 ekor, Panteraja 6 ekor, Trienggaden 19 ekor, Meureudu 201 ekor, Meurah dua 15 ekor, Ulim 19 ekor, Jangka buya 13 ekor, dan Kecamatan Bandar  Dua 35 ekor.

Pemkab Pidie Jaya juga menyalurkan hewan qurban ke Lembaga Permasyarakatan (LP) Wanita, Pria, dan Lp Lamlo. Armed Paru, Dayah Mudi Samalanga, Dayah Arongan, serta Dayah Abu Kuta Krueng, masing-masing satu ekor.

Kemenag Pidie Jaya qurban 150 hewan

Sementara itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Pidie Jaya akan menyembelih 150 ekor hewan kurban pada hari kedua lebaran Idul Adha 1441 H, Sabtu 1 Agustus 2020 hewan kurban, yang akan disembelih terdiri dari 142 ekor lembu dan 8 ekor kambing.

Kakankemenag Pidie Jaya Ahmad Yani mengatakan, hewan kurban tersebut terkumpul dari para ASN, baik yang bekerja di kantor Kemenag, KUA dan madrasah dalam lingkup Kemenag Pidie Jaya.

"Setiap madrasah jumlahnya tidak sama, ada yang  2 ekor dan ada juga yang sampai 6 ekor adapun jumlah kurban tersebut tersebar di KUA, madrasah, di Kantor Kemenag sendiri berjumlah 17 ekor lembu," kata Ahmad Yani.

Yani menjelaskan, hewan kurban tersebut nantinya akan disembelih di satuan kerja masing-masing dan akan dibagikan untuk fakir miskin, pegawai KUA dan murid madrasah yang kurang mampu. 

Sementara itu, 2 ekor hewan qurban  akan diserahkan kepada  Pemerintah Pidie Jaya untuk disalurkan kepada fakir miskin.

"Yang di madrasah akan disembelih di madrasah masing-masing, di kantor ada 17 ekor,dua ekor kita serahkan untuk fakir miskin melalui Bupati Pidie Jaya dan 15 ekor lagi disembelih di kantor Kemenag pada hari raya kedua," ujarnya.

Komentar

Loading...