Unduh Aplikasi

PWI Aceh Tengah Gelar Pelatihan Jurnalistik

PWI Aceh Tengah Gelar Pelatihan Jurnalistik
Suasana pelatihan junalistik oleh PWI Aceh Tengah. Foto: Arsadi Laksamana

ACEH TENGAH - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Tengah menggelar pelatihan jurnalistik bertema "Pena Gayo untuk Pilkada Damai”. Acara ini diikuti oleh insan Pers di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

“Peran wartawan sangat besar korelasinya dalam menciptakan pilkada damai, menyejukkan dan membuat suasana aman,” kata Asisten II Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Amir Hamzah saat membuka acara tersebut di Cafe Lumbung Kopi, Ahad (20/11).

Amir menyampaikan insan pers mempunyai peran penting dalam menjaga dan mewujudkan pilkada damai, terutama dalam pelaksanaannya tidak terkecuali pilkada di Aceh Tengah.

Jurnalisa, Ketua PWI Aceh Tengah, dalam sambutannya mengatakan pelatihan tersebut akan bermanfaat bagi wartawan terutama dalam menghadapi momentum pilkada. Dia berharap pelaksanaan pilkada tahun depan tidak terjadi konflik.

“Kehadiran media dengan keberimbangan berita akan membuat suasana damai di Aceh Tengah. Media adalah salah satu corong penyampaian pesan damai ke masyarakat," kata Jurnalisa.

Jurnalisa juga menyoroti fenomena munculnya media partisan saat pilkada. Seperti menjadi sebuah kebiasaan munculnya media partisan yang kerap dalam pemberitaannya tidak berimbang dan hanya memberitakan kandidat yang ia mereka dukung, tanpa memberikan porsi kepada kandidat lain.

“Kami berharap media-media seperti ini untuk adil dalam memberikan informasi dan tidak hanya memuat tentang satu kandidat saja, harus adil," kata Jurnalisa.

Acara ini diisi oleh Irianda Novandi, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI. Dia memberikan materi tentang Pilkada Damai yang dilanjutkan oleh Julihan Darussalam, yang memberikan materi pada sesi teknik menulis berita straigth news. Sementara Bahtiar Gayo, wartawan senior yang bekerja di Harian Waspada dalam materinya memaparkan teknik membuat berita feature dan berita mendalam.

Selain diikuti wartawan, pelatihan ini juga diikuti staf bagian penerangan Kodim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah, humas Polres, humas dinas-dinas di Aceh juga diikuti oleh perwakilan organisasi mahasiswa di Aceh Tengah.

Komentar

Loading...