Unduh Aplikasi

Putra Zulfirman Terpilih sebagai Ketua PWI Langsa

Putra Zulfirman Terpilih sebagai Ketua PWI Langsa
Putra Zulfirman, Ketua PWI Kota Langsa terpilih. Foto: AJNN/Asrul

LANGSA - Putra Zulfirman terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa periode 2020-2023 dalam Konferensi II PWI Kota Langsa, Rabu (29/1) di aula Sekda Langsa.

Ketua PWI Langsa terpilih, Putra Zulfirman yang dikonfirmasi AJNN, mengatakan, program ke depan yang akan dilakukan dirinya yaitu melanjutkan program dan kemitraan yang telah digagas oleh Ketua PWI Langsa sebelumnya yaitu, Bahtiar Husin.

Karena, kata dia, menjadi Ketua PWI merupakan tugas berat dan akan mampu dilakukan bila seiring langkah bersama-sama dengan pengurus.

Selain melanjutkan program dan kemitraan yang sudah ada, kata Putra, PWI Kota Langsa ke depan akan bermitra dengan seluruh organisasi profesi jurnalis dan pelaku jurnalistik sehingga menyahuti semangat kompetensi dan profesionalisme wartawan.

Terkahir, Putra mengucapkan terima kasih kepada segenap sejawat PWI Kota Langsa yang telah mempercayakan dirinya sebagai ketua.

Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, yang hadir pada acara tersebut mengatakan, wartawan itu tidak ada musuh. Wartawan itu perlu bermitra untuk mendapatkan sumber informasi.

Menurutnya, wartawan mempunyai peran yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Wartawan juga sebagai alat kontrol pemerintahan yang bisa memberikan kritik terhadap setiap kebijaksanaan yang menyangkut kemaslahatan masyarakat banyak.

"Wartawan perlu mendapat pelatihan dan pendidikan jurnalis agar profesional dalam mengangkat berita yang faktual sesuai dengan apa yang didapat dari narasumber, tentunya atas dukungan Pemerintahan Daerah/Kota sebagai mitra wartawan," ujar Tarmilin.

Kata Tarmilin, di tahun 2020 ini rencana akan diadakan penertiban media agar terverifikasi minimal secara administratif sebagai alat kendali penyebaran informasi yang berpotensi Hoaxs.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Langsa, Syahrul Thaib, yang hadir pada acara itu menyampaikan, peran Pers dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat sangat penting, karena jika salah informasi yang diterima maka akan terjadi kegaduhan dikalangan masyarakat.

Oleh sebab itu, selaku Sekda, Syahrul Tahib berharap agar Pers khususnya Pers di Kota Langsa dalam melaksanakan tugasnya selalu berpegang teguh pada etika dan norma.

Dikatakan Syahrul Thaib, terkadang ada oknum wartawan yang memanfaatkan kebebasan Pers menjadi kebebasan pres yang dianologikan menjadi menekan dan memeras.

"Ini tentunya merupakan hal yang tidak baik, dan perlu dicegah, baik oleh organisasi PWI maupun pihak-pihak lain," pinta Syahrul Thaib.

Komentar

Loading...