Unduh Aplikasi

Puting Beliung Terjang Aceh Barat, Sejumlah Bangunan Rusak

Puting Beliung Terjang Aceh Barat, Sejumlah Bangunan Rusak
Bangunan yang roboh diterjang puting beliung. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Hujan deras disertai puting beliung, Jumat (9/12) dini hari, melanda Aceh Barat. Sejumlah rumah dan asrama di Pesantren Inti Darul Aitami, di Desa Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, rusak akibat angin kencang itu.

Asrafi, pengurus pesantren tersebut, mengatakan bangunan yang rusak merupakan atap di lantai dua yang baru selesai direnovasi.

“Tidak ada santri yang menginap di kamar itu saat kejadian, karena kamar itu dalam renovasi. Para santri tidur di lantai bawah,” kata Asrafi, Jumat (9/12).

Menurut Asrafi atap bangunan yang diterbangkan angin puting beliung tersebut menimpa satu unit bangunan kamar mandi.

Kerusakan atap akibat diterbangkan angin puting beliung itu, kata dia, terjadi sekira pukul 01.30 WIB, bersamaan dengan angin kencang. Saat peristiwa itu terjadi, kata dia, para santri dan pengurus pesantren kaget. Mereka berhamburan ke luar ruangan.

Angin puting beliung juga telah merusak sejumlah rumah toko yang ada di Jalan Imam Bonjol, Desa Seuneubok, Aceh Barat. Bangunan itu adalah toko di Jalan Imam Bonjol milik Saiful Yusuf (45), bengkel tempel ban milik Salihin (40), toko kelontong Makjut milik Sulaiman B, warung nasi milik Srikandi, serta kanopi milik swalayan Indomaret.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat saat ini mendata bangunan yang rusak akibat puting beliung. “Dampak puting beliung ini menyebabkan terjadinya kerusakan, namun kita masih dalam pendataan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan, BPBD Kabupaten Aceh Barat, Budi Sastra.

Komentar

Loading...