Unduh Aplikasi

Pustaka Gampong di Abdya Banyak Tak Aktif

BLANGPIDIE - Sejumlah Perpustakaan Gampong di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kondisinya tidak aktif. Pustaka hanya dibuka jika ada permintaan khusus dari warga. 

"Memang selama ini perpus tidak aktif, karena pintu selalu tertutup dan sangat jarang dikunjungi oleh warga," ungkap Tanjil, warga Sikabu, Kuala Batee, Abdya kepada AJNN Senin (5/10).

Menurutnya, perpustaan gampong sangat bermamfaat bagi masyarakat, khususnya untuk memperoleh informasi dari buku-buku ilmu pertanian.

"Penting, bisa untuk menambah ilmu pengetahuan baik untuk petani maupun untuk anak -anak," katanya.

Said Fahmi, pengelola Perpustakaaan Gampong Jeumpa Barat, Kecamatam Jeumpa berjalan dengan baikka. Namun, Fahmi juga mengaku kadang-kadang perpustakaan ditutup. Tetapi saat pustaka tertutup, menurutnya warga bisa memintanya untuk membuka.

" Jika ada yang perlu, kita buka, tapi kalau harus dibuka tiap hari tidak mungkin," ungkapnya.

Fahmi mengatakan, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak maksimalnya pengelolaan pustaka, di antaranya adalah honor yang sangat minim. Jika dikalkulasi per bulan, honor tersebut bahkan tidak mencapai Rp 50 ribu.

"Insentif perhari Rp 1.500, banyangkan jika fokus untuk pustaka," keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Arsip dan Perputakaan Daerah Abdya Ida Haryati membantah keras jika disebut perpustakaan Gampong di sejumlah Kecamatan  tidak aktif.

"Dari 56 perpusstakaan semua ada laporan tiap bulannya, berarti semua aktif," bantahnya.

Namun begitu Ida mengakui terdapat sejumlah perpustakaan yang kurang aktif karena kurangnya insentif bagi pengelola.

" Ya kita maklumi saja lah, insentif alakadar, tidak bisa berbuat banyak," ucapnya.

Ia berharap, agar pengelola Perpus Gampong jangan berputus asa, harus terus bekerja, sebab tidak semua gampong memiliki perpustakaan gampong. " Kita berharap, sabar dan terus bekerja, sebab tidak semua gampong memiliki Perpustakaan," tutupnya.

JULIDA FISMA

Komentar

Loading...