Unduh Aplikasi

Puskesmas Blang Kuta Kembali Beroperasi

Puskesmas Blang Kuta Kembali Beroperasi
Puskesmas Blang Kuta, Kecamatan Bandar Dua ditutup sementara. Foto: AJNN/Muksal

PIDIE JAYA - Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Blang Kuta, Kecamatan Bandar Dua, sempat ditutup akibat salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas itu yang berinisial N terkonfirmasi positif virus corona.

Saat ini, setelah semua tenaga kesehatan menjalani isolasi mandiri, Puskesmas di pedalaman kecamatan paling timur Kabupaten Pidie Jaya kembali dibuka.

“Mulai kemarin Puskesmas Blang Kuta sudah kembali beroperasi, pelayanan kesehatan kembali aktif di Puskesmas tersebut,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya, Edy Azwar melalui sambungan seluler kepada AJNN, Selasa (1/9).

Baca: Petugas Kesehatan Positif Covid-19, Puskesmas di Pidie Jaya Ditutup

Edy menjelaskan, meski sudah normal beroperasi, bagi tenaga kesehatan yang sudah melakukan isolasi mandiri tetapi masih terdapat gejala, tenaga kesehatan tersebut tidak dibenarkan masuk menjalankan tugasnya.

Begitu juga dengan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di Puskesmas itu harus mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditentukan.

“Tenaga kesehatan yang masih ada gejala tidak boleh masuk, ia harus melakukan isolasi lagi. Untuk masyarakat, wajib mematuhi protokol kesehatan. Saya sudah sampaikan ke Kepala Puskesmas, jika ada masyarakat yang tidak pakai masker, jangan dilayani,” terang Edi.

Puskesmas tersebut memang telah kembali dibuka. Namun pekan lalu beredar informasi dokter yang bertugas di Puskesmas itu (N) berkeliaran di Banda Aceh dengan status masih sebagai pasien positif corona yang seharusnya menjalani isolasi.

Mengenai hal itu, Edy menjelaskan, N ke Banda Aceh untuk melakukan swab kembali setelah melakukan isolasi mandiri.

“Kemarin itu N ke Banda Aceh untuk kembali melakukan uji swab sendiri setelah melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Terlepas dari semua itu, bebasnya pasien terkonfirmasi positif virus corona bepergian keluar, hal tersebut menandakan lalainya pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pidie Jaya terhadap pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Komentar

Loading...