Unduh Aplikasi

Puskesmas Baktiya Belum Difungsikan, GeRAK: Diduga Pengadaan Tender Bermasalah

Puskesmas Baktiya Belum Difungsikan, GeRAK: Diduga Pengadaan Tender Bermasalah
Kondisi Puskesmas yang belum difungsikan. Foto: Ist

LHOKSEUMAWE – Puskesmas Baktiya Barat yang terletak di Gampong Lhok Iboeh, Kabupaten Aceh Utara tak kunjung difungsikan. Bangunan itu dibangun pada tahun 2010 menggunakan anggaran APBK dan Otonomi Khusus (Otsus).

Koordinator Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Askhalani menilai dengan kondisi Puskesmas yang terbengkalai itu pasti dapat diduga memiliki kolerasi dengan pengadaan tender yang bermasalah, perencanaan yang gagal dan tidak terintegrasi dengan kebutuhan publik.

Baca: Dibangun 2010, Puskesmas Baktiya Barat Tak Kunjung Difungsikan

“Ini menjadi tanggungjawab Pemkab Aceh Utara untuk dapat melakukan audit terhadap pembangunan Puskesmas yang gagal ini secara keseluruhan,” katanya kepada AJNN, Sabtu, (21/3).

Dikatakan Askhalani, Pemkab bisa mendorong pihak inspektorat sebagai penanggungjawab, yang memiliki kewenangan untuk melakukan audit terhadap pembangunan Puskesmas yang gagal dan sampai terbengkalai.

“Apakah murni faktor perencanaan atau gagal bangun, dan itu memang harus dilakukan secara menyeluruh karena ini menyangkut soal aset publik yang terbengkalai,” ujarnya.

Selain itu, sambung Askhalani, Pemkab Aceh Utara, juga perlu mencari formula untuk tetap mendorong agar puskesmas ini dapat difungsikan, karena kalau tidak aset tersebut akan menjadi beban berat yang akan terus menerus tercatat dalam daftar aset yang tidak difungsikan.

Menurut Askhalani, kalau Puskesmas itu tidak segera difungsikan, yang rugi bukan hanya publik soal layanan kesehatan, tapi Pemda juga rugi karena biaya cost untuk rehabilitasi jelas akan semakin tinggi, tapi yang paling urgent adalah karena ini menyangkut layanan bidang kesehatan maka puskemas ini wajib untuk dibangun kembali.

“Pemkab harus melakukan kajian menyeluruh terhadap program ini, dan harus dicari apa faktor utama sampai bangunan ini gagal dan terbengkalai, kemudian perlu didorong untuk dicari skema agar bangunan ini segera difungsikan,” imbuhnya.

Komentar

Loading...