Unduh Aplikasi

PUPR Aceh Barat Harap BWS Sumatera I Segera Tangani Erosi Krueng Meureubo

PUPR Aceh Barat Harap BWS Sumatera I Segera Tangani Erosi Krueng Meureubo
Kadis PUPR Kabupaten Aceh Barat, Kurdi meninjau lokasi erosi yang mengancam badan jalan Pante Ceureumen-Sikundo. Foto: AJNN/Darmansyah Muda.

ACEH BARAT - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat berharap Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I segera melakukan penanganan terhadap erosi sungai Krueng Meureubo yang berada di kawasan Pasie Sira, Desa Lhok Guci, Kecamatan Pantee Ceureumen yang kian parah.

Akibat semakin parahnya erosi yang membuat tebing sungai Meureubo, tepat di kawasan Pasie Sira, membuat badan jalan Pante Ceureumen-Sikundo terancam putus terbawa arus sungai. 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Aceh Barat, Kurdi mengatakan, saat ini kerusakan tebing sungai meureubo kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pasie Sira tersebut semakin parah, akan tetapi Pemerintah Kabupaten setempat tidak mampu menanganinya lantaran membutuhkan biaya yang cukup besar untuk penanganan secara permanen.

"Kita berharap permanen bisa dilakukan pihak BWS Sunatera I. Mereka sudah survei ke lokasi, juga kepala BAPPEDA Aceh dan Asisten II Provinsi Aceh bisa dibantu penanganan," kata Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Kurdi, saat dihubungi AJNN.

Ia mengatakan amblasnya tebing sungai tersebut, membuat badan jalan lintas Kabupaten yakni Pante Cereuemen Sikundo terancam putus lantaran sudah di tepi badan jalan.

Kurdi menjelaskan, untuk penanganan tebing sungai tersebut pihaknya bahkan telah melaporkan persoalan itu ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar segera dilakukan penanganan.

"Persoalan ini kita sudah lapor ke Gubernur juga BNPB, agar persoalan ini segera ditangani mengingat anggaran ini cukup besar tidak mampu kita tangani," ungkapnya.

Dikatakan Kurdi, untuk mengantisipasi kerusakan semakin parah saat ini Pemerintah setempat hanya mampu melakukan penanganan tebing sungai di kawasan Pasie Sira itu secara darurat.  

Komentar

Loading...