Unduh Aplikasi

Puncak Gerhana di Lhokseumawe, Penampakan Hanya 72 Persen

Puncak Gerhana di Lhokseumawe, Penampakan Hanya 72 Persen
Masyarakat menyaksikan gerhana di Pantai KP-3, Lhokseumawe. Foto: Safrizal.
LHOKSEUMAWE - Ribuan warga Lhokseumawe dan Aceh Utara memadati pantai KP-3. Mereka menyaksikan lansung fenomena alam gerhana matahari dan melaksanakan salat kusuf. Salat kusuf adalah salat yan dilaksanakan saat gerhana matahari terjadi. Puncak gerhana matahari terjadi pada pukul 07.22 WIB dengan tingkat tutupan mencapai 72 persen.

“Ini luar biasa. Saya tidak menduga jamaah yang hadir bisa di 5.000 jiwa,” kata Tgk Ismail, Kepala Pusat Studi Ilmu Falaq Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malikussaleh, usai gerhana berlalu, Rabu (9/3). Selain di pantai KP-3, pelaksanaan salat kusuf juga digelar di Masjid Islamic Center, Masjid Baiturahman dan sejumlah meunasah.

Usai melaksanakan salat, masyarakat meyaksikan langsung gerhana matahari ini. Desi Afriani (29), warga Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, mengatakan dia dan teman-temannya berada di pusat pemantauan gerhana sejak pukul 06.00 WIB.

“Kami merencanakannya setelah membaca berita. Kami juga tak ingin melewatkan momen (kesempatan) tersebut untuk berfoto-foto bareng teman-teman lainya,” kata Desi.

Sesuai perkiraan Lembaga Studi Ilmu Falaq, gerhana terjadi pukul 06.26 WIB. Namun karena cuaca berawan, pemandangan ini menjadi sedikit terhalang. “Ketika coba kita terawang untuk melihat bersama-sama pada pukul 07.02 WIB, cuaca mulai cerah,” kata Ismail.

Komentar

Loading...