Unduh Aplikasi

Puluhan Warga Lancok Demo Desak Imigran Rohingya Diturunkan ke Darat

Puluhan Warga Lancok Demo Desak Imigran Rohingya Diturunkan ke Darat
Warga Lancok demo desak Imigran Rohingya diturunkan. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Puluhan warga di Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara melakukan aksi dan mendesak supaya 94 jiwa Imigran Rohingya yang terdampar di perairan daerah itu agar diturunkan dan diselamatkan.

Pantauan AJNN, puluhan warga itu mendatangi petugas yang sedang melakukan pengawasan di perairan Bayu, dan meminta supaya Imigran itu segera diselamatkan ke daratan.

Salah seorang warga, Aples Kuari mengatakan, pihaknya meminta seharusnya Pemerintah Kabupaten Aceh Utara memiliki jiwa kemanusiaan supaya menyelamatkan puluhan Imigran Rohingya tersebut.

“Kami juga manusia bisa merasakan hal itu, sehingga seharusnya anak-anak dan bayi yang masih menyusui dapat diselamatkan lebih dulu jangan diterik matahari, kasian mereka,” katanya kepada sejumlah awak media, Kamis (26/4).

Sambungnya, jika Pemerintah tidak sanggup memberikan makanan, maka pihaknya bersedia untuk mengutip beras setiap rumah memberikan makan Rohingya itu.

Baca: Warga Kerumuni Lokasi Terparkirnya Kapal Imigran Rohingya di Aceh Utara

“Yang penting mereka dapat diselamatkan sekarang, jangan seperti itu terkatung-katung. Jika tidak direspon, maka kami akan hidupkan mesin boat dan jemput mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Komite Nasional Solidaritas untuk Rohingya (KNSR) meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara untuk menerima Imigran Rohingya hang terdampar di perairan Pantai Lancok daerah setempat.

Ketua Komite Nasional Solidaritas untuk Rohingya, Abu Panglima mengatakan, pihaknya mendorong pemerintah untuk menerima mereka turun ke darat demi rasa kemanusiaan, walaupun dalam kondisi wabah pendemi Covid 19.

“Kita harus tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dengan tetap mematuhi protokol Covid-19,” ungkapnya.

Sambungnya, pihaknya akan terus mengawal supaya warga Rohingnya yang terdampar di Aceh dengan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan dengan tetap mematuhi protokol Covid-19.

“Kami dari akan terus mengawal supaya warga rohingnya yang terdampar di Aceh terpenuhi hak-hak dasar kebutuhan dasar untuk menyambung hidup tanpa mengabaikan protokol Covid-19,” imbuhnya.

Komentar

Loading...