Unduh Aplikasi

Puluhan Rumah Warga di Agara Terendam Banjir Luapan

Puluhan Rumah Warga di Agara Terendam Banjir Luapan
Rumah Warga Desa Kandang Mbelang Agara Terendam Banjir. Foto: AJNN/Japar

ACEH TENGGARA - Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara menyebabkan puluhan rumah warga di Kecamatan Lawe Bulan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

Camat Lawe Bulan, Supardi mengatakan, banjir luapan sungai Lawe Kuning tersebut melanda desa Lawe Sagu Hulu dan Kandang Mbelang.

"Sungai itu meluap karena ada material berupa kayu  gelondongan, batu dan lumpur tersangkut di jembaan, sehingga air meluap ke pemukiman penduduk," katanya.

Warga Desa Lawe Sagu Hulu, Juanda mengatakan banjir terjadi sejak pukul 20.30 WIB. Menurutnya penyebab banjir karena adanya penebangan kayu hutan secara liar di bagian hulu sungai Lawe Uning.

"Saya berharap kepada pemerintah daerah agar melakukan razia ilegal loging, sehingga kedepan tidak banjir bencana seperti ini lagi," pintanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, Mohd Asbi mengatakan, petugas BPBD telah turun ke lokasi banjir untuk melakukan pendataan dan membantu warga korban banjir untuk menyelamatkan harta benda.

"Sejauh ini puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi di tempat sanak famili dan tempat-tempat yang aman dari banjir," katanya kepada AJNN, Sabtu (14/11).

Hinga saat ini hujan masih terus menguyur kawasan tersebut, serta banjir masih menggenangi rumah warga Desa setempat.

"Kita mengimbau kepada seluruh warga Aceh Tenggara  khususnya yang tinggal di dekat sungai dan di kawasan  lereng pergunungan agar tetap waspada banjir dan longsor, mengingat intensitas curah hujan masih tinggi," katanya.

|RIKI/JAPAR

Komentar

Loading...