Unduh Aplikasi

Puluhan Rumah Warga Aceh Barat Rusak Diterjang Banjir Rob

Puluhan Rumah Warga Aceh Barat Rusak Diterjang Banjir Rob
Rumah salah seorang warga Desa Pasir yang rusak tertimbun pasir. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Puluhan unit rumah warga Desa Pasir dan Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan rusak diterjang gelombang pasang purnama.

Kerusakan terparah terjadi di Dusun Satu, Desa Pasir dengan jumlah rumah rusak parah 18 unit.

Pusdalops, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Mashuri, mengatakan kerusakan terparah terjadi pada bagian dapur rumah warga karena langsung mengarah di bibir pantai.

"Untuk kerusakan ada sekitar 60 unit berdasarkan laporan warga di Desa Pasir dan Ujong Kalak. Kalau yang terparah itu terjadi di Dusun Satu Desa Pasir, di sana rata-rata dapur rumah mereka rusak diterjang gelombang pasang," kata Mashuri.

Meskipun laporan yang diterima ada sekitar 60 unit rumah rusak berdasarkan laporan sementara dari warga, namun pihaknya akan melakukan verifikasi ulang.

Mashuri menjelaskan akibat pasang purnama yang menyebabkan banjir rob tersebut, 1.641 jiwa terdampak dan mengungsi baik ditenda yang didirikan maupun ke rumah saudara.

Adapun korban yang tersampak banjir tersebut yakni Desa Pasir berjumlah 121 KK atau 512 jiwa, Kampung Belakang 120 KK atau 450 jiwa, Desa Suak Indrapuri 98 KK atau 317 jiwa dan Desa Ujong Kalal 98 KK atau 362 jiwa.

Komentar

Loading...