Unduh Aplikasi

Puluhan Rumah di Agara Terendam Banjir Luapan Sungai Lawe Khutung

Puluhan Rumah di Agara Terendam Banjir Luapan Sungai Lawe Khutung
Kondisi pemukiman warga yang terdampak banjir dari luapan sungai Lawe Khutung. Foto: AJNN/Riki.

ACEH TENGGARA - Tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir di Aceh Tenggara (Agara) membuat sungai Lawe Cermin yang merupakan hulu sungai Lawe Khutung meluap. Meluapnya sungai tersebut mengakibatkan puluhan rumah di desa Penampakan, Kecamatan Deleng Phokhkison terendam banjir.

Yusuf, Warga penampakan kepada AJNN mengatakan, genangan air yang membanjiri permukiman mereka mulai dirasakan warga sekitar pada Sabtu (15/5/2021) malam pukul 11.00 WIB.

"Hingga saat ini banjir masih mengenangi pemukiman warga  setinggi betis dan ada juga sampai setinggi pinggang orang dewasa", kata Yusuf kepada AJNN Minggu dini hari.

Yusuf Ia mengatakan bahwa pihak kecamatan setempat sudah turun untuk menyisir lokasi pemukiman sekaligus memerintahkan kepala desa mendata jumlah korban yang terimbas banjir.

Karena kuatir, saat ini sebagian warga menurut Yusuf ada yang  memilih meninggalkan rumah, kemudian menggungsi ketempat yang tidak terimbas banjir.

"Ada warga yang memilih bertahan dan ada juga yang memilih  mengungsi ketempat yang lebih aman, seperti rumah kerabat terdekat mereka yang tidak ikut terimbas banjir," ujar Yusuf.

Sementara itu, Camat Deleng Phokhkison, Zainul mengatakan pihaknya saat ini melakukan penyisiran terkait dampak banjir tersebut. Zainul juga menyebutkan kalau saat air banjir sudah mulai surut.

"Banjir sudah semakin surut, kita masih dilapangan menyisir wilayah yang terdampak banjir," kata Zainul.

Berdasarkan informasi yang dihimpun AJNN selain desa Penampakan ada dua desa lain yang juga ikut terimbas banjir di kecamatan Deleng Phokhkison yakni, desa Gusung Batu dan Desa  Tualang. 

Informasi yang diterima dari warga setempat, kendati banjir telah dirasakan warga sejak Sabtu malam pukul 11.00 WIB sampai hari Minggu dini hari, namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agara belum terlihat di lokasi musibah.

Menurut warga setempat sampai saat ini hanya pihak dari kecamatan setempat yang hadir untuk menyisir lokasi banjir. Untuk sementara menurut keterangan warga, jumlah rumah yang terendam banjir berkisar puluhan rumah.

Namun mereka belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang terendam. Sedangkan kerugian yang diakibatkan banjir diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

|RIKI OCTA

Komentar

Loading...