Unduh Aplikasi

Puluhan Napi Rutan Sigli Dapat Asimilasi

Puluhan Napi Rutan Sigli Dapat Asimilasi
Kepala Rutan Rutan) Kelas II B Sigli Halim Faisal menyerahkan secara sombolis SK Asimilasi kepada Napi. Foto : AJNN/Salman

PIDIE - Puluhan narapidana (Napi) yang masih menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sigli, Kabupaten Pidie mendapat asimilasi berdasarkan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19.

"Dari total 82 napi yang diusulkan Kemenkum HAM, namun yang dikabulkan asimilasi hanya 52 napi," kata Kapala Rutan Kelas II B Sigli, Halim Faisal kepada wartawan, Jumat (3/4/).

Faisal menjelas, asimilasi tersebut diberikan kepada napi yang telah menjalani dua pertiga masa pidana dan anak yang sudah menjalani satu perdua masa pidana paling lambat 31 Desember 2020.

"Mereka (napi) yang telah mendapat asimilasi tetap menjalani sisa hukuman atau menjalani hukuman subsider namun tidak laggi di Rutan tapi di rumah masing-masing," kata Faisal.

Dia menambahkan, pemberian asimilasi tersebut berdasarkan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi napi dan Anak.

"Rata-rata yang mendapat asimilasi napi asal Kabupaten Pidie sementara hanya beberapa napi asal Pidie Jaya yang mendapat asimilasi yang terlibat kasus perlindungan anak, narkoba atau kasus pidana umum lainnya" ujarnya.

Jika asimilasi di rumahnya namun mereka (napi) masih melakukan kejahatan maka akan jemput kembali untuk dijebloskan ke rutan dan itu tergantung keputusan pihak pengawas dari ejaksaan dan lapas.



Komentar

Loading...