Unduh Aplikasi

Puluhan Lelaki dan Perempuan Terjaring Razia Busana Islami

Puluhan Lelaki dan Perempuan Terjaring Razia Busana Islami
Plang peringatan larangan berpacaran di Lhoknya, Aceh Besar. Foto: atjehliterature.blogspot.com
BANDA ACEH – Sebanyak 90 orang terjaring razia operasi gabungan syariat Islam di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh. Razia ini digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Aceh bekerja sama dengan aparat penegak hukum di kepolisian dan militer.

“Kami merazia di sini atas permintaan warga,” kata Nasrul, Kepala Seksi Penegakan Pelanggaran Satpol PP dan WH Aceh, Kamis (11/8).

Dari 90 orang yang terjaring razian, 60 persen di antaranya adalah kaum lelaki yang mengenakan celana tidak menutup aurat. Sisanya adalah perempuan berbusana ketat. Mereka melanggar pasal kewajiban bagi umat Islam berpakaian islami, seperti yang diatur dalam Qanun Nomor 11 Tahun 2002.

Nasrul menambahkan, pihaknya kini terus melakukan berbagai upaya, dengan melibatkan berbagai pihak, untuk menerapkan syariat Islam di Aceh. Nasrul berharap, langkah ini berjalan maksimal dan tidak dikait-kaitkan dengan pelanggaran hak asasi manusia.

“Aturan ini adalah bagian dari adat istiadat Aceh. Aturan ini diatur dalam agama Islam dan pola hidup masyarakat Aceh. Bahkan masyarakat internasional mengakui keberadaan hukum-hukum adat sebagai bagian dari kebudayaan lokal,” kata Nasrul.

Komentar

Loading...