Unduh Aplikasi

Puluhan Imigran Rohingya di BLK Lhokseumawe Dipindahkan ke Medan

Puluhan Imigran Rohingya di BLK Lhokseumawe Dipindahkan ke Medan
Pemindahan puluhan imigran Rohingya ke Medan. Foto: AJNN/Sarina 

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 36 jiwa imigran etnis Rohingya asal Myanmar yang ditampung di Balai Latihan Kerja (BLK) Meunasah Mee, Kandang, Kota Lhokseumawe dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/3) sekitar pukul 21.30 WIB.

Pemindahan tersebut menggunakan dua unit bus, dan dikawal ketat oleh jajaran Kepolisian Polres Lhokseumawe, sepanjang perjalanan hingga ke Kota Medan.

Sebelum keberangkatan diwarnai suasana haru. Sebab, dari total 84 Imigran Rohingya yang tersisa, ronde perdana dipindahkan sebanyak 36 jiwa, dan selebihnya akan diberangkatkan pada ronde ke dua.

Petugas Program Koordinator IOM, Sonya Syafitri mengatakan, puluhan jiwa etnis Rohingya itu akan dipindahkan ke kos-kosan di Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara. Dalam satu kamar akan ditempatkan dua orang.

“Mereka dari penampungan sementara, kita  pindahkan ke tempat yang lebih aman di sana. Karena di Medan programnya sudah terstruktur dan sudah lumayan lama bekerjasama dengan Dirjen Keimigrasian juga, untuk proses perlindungan di Medan,” kata Sonya.

Lanjut Sonya, untuk kesehatan imigran Rohingya di Medan, pihaknya juga sudah melaksanakan kerjasama dengan dinas kesehatan. Apalagi, sudah ada sistem leveralnya dan juga sudah ditunjukkan Puskesmas, jika penyakit juga tidak bisa ditangani kemudian dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjukkan oleh IOM.

“Semua biaya akan didanai oleh IOM, dengan bantuan UNI Eropa. Untuk pendidikan anak-anak akan diajarkan lebih dulu bahasa Indonesia, bekerjsama dengan dinas pendidikan. Serta bisa memberi kesempatan supaya bisa belajar di sekolah umum,” ungkapnya.

“Namun, kita mempersiapkan dulu dengan mengajarkan bahasa Indonesia sampai mereka mengerti,” jelasnya.

Saat disinggung rawan melarikan diri, Sonya menjawab, di sana akan ada serahterima antara Imigrasi Lhokseumawe kepada Imigrasi di Medan, serta dari Kesbangpol disini ke Kesbangpol disana.

Komentar

Loading...