Unduh Aplikasi

Puluhan HP Napi Hasil Sitaan Dimusnahkan

Puluhan HP Napi Hasil Sitaan Dimusnahkan
Puluhan HP Napi Hasil Sitaan Dimusnahkan. Foto; Tommy

BANDA ACEH - Kementerian Hukum dan HAM Aceh memusnahkan puluhan barang hasil sitaan berupa Handphone atau telepon genggam milik narapidana yang ada di beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di halaman kantor imigrasi Banda Aceh, Rabu (30/10).

Selain telepon genggam sejumlah senjata tajam berupa, gunting, pisau juga di musnahkan dengan cara di bakar.

Kakanwil Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi menyebutkan sejumlah telepon genggam dan benda tajam lainnya merupakan hasil razia petugas lapas dan Rutan yang dilakukan selama setahun terakhir.

Menurut Lilik, keberadaan telepon genggam di dalam lapas dan rutan menjadi salah satu pemicu masuknya barang haram seperti narkoba.

"Kita akan terus lakukan razia, karena telepon genggam merupakan salah satu jalan masuknya narkoba," sebutnya.

Ia menegaskan pihaknya akan melakukan tindakan tegas apabila ada petugas yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Saat ini pihak Kemkumham Aceh sedang mempersiapkan program pemberian pendidikan dasar bagi para narapidana.

"Mereka yang berusia produktif akan diberikan pembekalan dan pelatihan pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh narapidana itu sendiri. Nantinya mereka akan diberikan ijazah sesuai pendidikan yang dikuti," ungkap Lilik.

Pemusnahan barang sitaan napi juga dihadiri, Dandim 0101 BS, Kepala Ombudsman Aceh, pihak, BNNP, kepolisian dan kejaksaan.

Komentar

Loading...