Unduh Aplikasi

Puluhan Hektare Sawah Terendam, Petani Aceh Utara Terancam Gagal Panen

Puluhan Hektare Sawah Terendam, Petani Aceh Utara Terancam Gagal Panen
Kondisi sawah yang terendam banjir di Aceh Utara. Foto: AJNN/Sarina 

LHOKSEUMAWE - Hujan Deras yang melanda Kabupaten Aceh Utara mengakibatkan luapan Krueng Pirak dan Keurto Meluap. Akibatnya lima Kecamatan di desa itu terendam banjir.

Selain rumah warga puluhan hektare sawah yang sedang memasuki masa panen dan baru disemai benih, ikut lenyap di terendam banjir. Akibatnya petani di daerah tersebut terancam gagal panen.

“Puluhan hektare sawah warga yang baru disemai benihnya lenyap terendam banjir. Akibatnya, ini akan menghambat dan terancam gagal panen,” kata seorang warga Kari Usman.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah mengatakan, sejauh ini Dinas Pertanian sedang berusaha mencatat total jumlah sawah warga yang terendam banjir.

Baca: Korban Banjir di Aceh Utara Keluhkan Kesulitan Peroleh Makanan

“Saat ini untuk kerugian belum bisa dipastikan berapa, karena masih dalam proses pendataan,” ujarnya.

Sebelumnya, Lima kecamatan yang terendam banjir akibat luapasan Krueng Pirak dan Keurto serta Krueng Haji yaitu, Kecamatan Matangkuli, Tanah Luas, Pirak Timur, Swang dan Kecamatan Langkahan.

Amatan AJNN di lokasi kejadian, air yang melanda di kecamatan tersebut sekitar 70 centimeter hingga satu meter setengah. Bahkan terlihat sejumlah warga masih berupaya menyelamatkan barang-barang berharga mereka.

Komentar

Loading...