Unduh Aplikasi

Puluhan Hektar Tanaman Jagung dan Padi di Aceh Jaya Terancam Gagal Panen

Puluhan Hektar Tanaman Jagung dan Padi di Aceh Jaya Terancam Gagal Panen
Foto: Ist

ACEH JAYA - Puluhan hektar tamanan Jagung dan Padi warga di sejumlah desa dalam kabupaten Aceh Jaya terancam gagal panen akibat terendam banjir

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi yang dijumpai AJNN, Senin (30/3) di ruang kerjanya mengatakan ada puluhan hektar tanaman Jagung dan Padi di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya terancam gagal panen akibat dampak banjir yang melanda kabupaten Aceh Jaya sejak Kamis (25/3) kemarin.

"Hari ini merupakan banjir yang kedua setelah beberapa hari sebelumnya juga dilanda banjir luapan di sejumlah zona pertanian Aceh Jaya," kata Teuku Reza.

"Akibatnya, sejumlah lahan pertanian seperri tanaman Jagung dan Padi di zona pertanian Kecamatan Teunom dan Kecamatan Panga masih digenangi air hingga hari ini," tambahnya.

Katanya, untuk kerugian atau gagal panen akibat imbas banjir di Aceh Jaya belum bisa dipastikan karena namun yang pastinya sebagian petani Aceh Jaya terancam gagal panen.

"Khusus tanaman Jagung berdasarkan informasi dari para petani, genangan airnya tidak boleh melebihi dua hari, karena itu akan lebih rentan mati," ungkap Reza.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada seluruh petani yang lahannya terkena imbas banjir agar segera melapor ke pihak Balai Penyuluh Pertanian (BPP) terdekat.

Sementara itu, pihaknya juga menawarkan solusi bagi petani Aceh Jaya untuk bisa bergabung dan mengikuti program asuransi pertanian guna untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu musibah banjir kembali melanda Aceh Jaya.

"Kita mengimbau dan mengajak khususnya para petani yang wilayahnya rentan terhadap bencana banjir untuk bisa mengikuti program asuransi pertanian ke depan," ajaknya.

"Kita siap memfasilitasinya apalagi info yang kita dapat jika biayanya juga lumayan ekonomis dan terjangkau," pungkas Reza.

Adapun desa-desa yang lahan pertaniannya terdampak imbas banjir di Aceh Jaya berdasarkan data sementara dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya yakni: 

Di Kecamatan Teunom: 

1. Desa Pasie Tulak Bala, lebih kurang 10 Hektar tanaman Jagung

2. Desa Pasie Pawang, lebih kurang 13 Hektar tanaman Jagung

3. Desa Gampong Baro, lebih kurang 5 hektar tanaman Jagung

4. Desa Panton, lebih kurang 4 hektar tanaman Jagung

5. Desa Padang Kleng, lebih kurang 14 hektar tanaman Jagung

6. Desa Tanoh Anoe, lebih kurang 3 Hektar tanaman Jagung

Sedangkan di Kecamatan Panga yaitu di daerah Zona Pertanian Panga lebih kurang 20 hektar tanaman Padi yang ikut terendam banjir.

 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...