Unduh Aplikasi

Puluhan Hektar Sawah Petani Aceh Barat Kekeringan

Puluhan Hektar Sawah Petani Aceh Barat Kekeringan

ACEH BARAT- Puluhan hektar tanaman padi milik warga Desa Pasi Jambu, Kecamatan Kaway XVI, dan Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat terancam gagal panen, akibat sawah mereka mengalami kekeringan sejak musim tanam gadu tahun ini dilakukan.

Salah seorang petani Desa tersebut, Sulaiman, mengatakan terjadinya kekeringan diareal sawah para petani desa itu sudah terjadi sejak musim kemarau yang melanda Kabupaten Aceh Barat selama sepekan terakhir.

“Sawah kami terjadi kekeringan dan sudah mulai retak-retak sejak kemarau sepekan terakhir. Sebab tidak ada irigasi disekitar sawah kami,” kata Sulaiman, kepada wartawan, Senin, (4/6).

Sulaiman menjelaskan, selama ini belum adanya aliran irigasi di areal persawahan mereka, maka para petani di Desa itu terpaksa mengandalkan sistem sawah tadah hujan saat musim tanam gadu yang berlangsung sejak April hingga juli mendatang

Akibatnya, kata dia, tanaman padi yang sudah berusia 15 hari itu terancam mati bahkan sebutnya selama areal persawahan mereka mengalami kekeringan para petani di daerah itu mulai mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai puluhan rupiah.

Atas kondisi yang dialaminya itu, ia berharap Pemerintah Kabupaten setempat segera mencari solusi, agar pertumbuhan tanaman padi mereka bisa bertahan hingga masa panen tiba.

“Kami berharap ada solusi dari pemerintah. Sehingga padi yang sudah kami tanami ini tidak mati seluruhnya,” ucap Sulaiman.

Sudirman mengatakan, adanya pembangunan irigasi Lhok Guci, yang berada di Kecamatan Pantee Ceuremen yang menjadi harapan petani di Aceh Barat hingga saat ini belum rampung dikerjakan.

Komentar

Loading...