Unduh Aplikasi

Puluhan Hektar Lahan di Aceh Selatan Terbakar

Puluhan Hektar Lahan di Aceh Selatan Terbakar
Ilustrasi. Foto: Ist

ACEH BARAT - Puluhan hektar hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Selatan dilaporkan terbakar sejak 10 Februari 2020. Kebakaran terjadi di tujuh kecamatan, meliputi 12 desa.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan secara keseluruhan luas hutan lahan yang terbakar yakni 80,5 hektar.

Adapun rinciannya meliputi Desa Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Timur dengan luas 3,5 hektar. Desa Ujong Karang, Desa Mutiara, Kecamatan Sawang dengan luas masing 2 hektar.

Desa Toko, Kecamatan Samadua dengan luas 8 hektar, Kecamatan Tapaktuan, Desa Lhok Bengkuang dengan luas 1 hektar dan Desa Hilir seluas 3 hektar

Selanjutnya di Kecamatan Bakongan tepatnya di Desa Baro dengan luas 1 hektar, Desa Drien dengan luas 9,5 hektar, Ujong Padang dengan luas 11, 5 hektar serta Desa Padang Beurahan seluas 10 hektar.

Kecamatan lainnya yang terjadi karhutla yakni Kecamatan Trumon terjadi di Desa Tebing Tinggi dengan luas 3 hektar, Keude Trumon dengan luas 6 hektar, serta Kecamatan Trumon Tengah terjadi di Desa Cot Bayu Dengan luas 35 hektar, dan Ujong Tanoh dengan luas 5 hektar.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma mengatakan semua lahan yang terbakar itu telah berhasil dipadamkan kecuali Desa Padang Beurahan.

"Yang belum tuntas ditangani gampong padang Beurahan. Sedangkan yang lain sudah dapat ditangani," kata Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma kepada AJNN.

Dikatakan Cut Sazalisma, karhutla yang terjadi merupakan lahan gambut dan lahan mineral yang berada di kawasan pegunungan atau perbukitan, membuat pihaknya kesulitan melakukan pemadaman.

Sulitnya melakukan pemadaman, kata dia, karena rata-rata kawasan yang terjadi karhutla merupakan daerah yang tidak dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

"Kami berharap kepada provinsi untuk bantuan peralatan dan logistik, dalam penanganan masalah ini," ujarnya. 

Komentar

Loading...