Unduh Aplikasi

Puluhan Gampong di Abdya Belum Terima ADG Tahap Dua

Puluhan Gampong di Abdya Belum Terima ADG Tahap Dua
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Sebanyak 37 dari 132 gampong (desa) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum menerima Anggaran Dana Gampong (ADG) tahap dua tahun 2016 dari pemerintah setempat. Hal tersebut dipicu oleh lambatnya pertangung jawaban anggaran tahap satu dari pemerintahan Gampong.

“Benar, ada 37 gampong yang belum menerima ADG tahap dua,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera (BPM,PP&KS) Aceh Barat Daya (abdya) Edy Darmawan kepada AJNN Kamis (24/11) di Blangpidie.

Menurutnya, belum cairnya ADG tersebut disebabkan lambatnya proses pertangung jawaban dan pengajuan berkas persyaratan pencairan anggaran tahap II.

“Penyebabnya karena belum siapnya pertangung jawaban dan persyaratan pencairan agaran tahap I sehingga tidak bisa dicairakan anggaran tahap II,” ujarnya.

Padahal tambah Edy Darmawan, pihaknya sudah berulangkali memanggil dan turun langsung ke aparatur dan pendamping gampong agar syarat pencairan ADG segera diselesaikan, sehingga anggaran tersebut bisa cair secepatnya.

“Kita telah berupaya memanggil dan turun langsung ke lokasi untuk menanyakan penyebabnya dan mendesak agar proses syarat adminitrasi segera diselesaikan dan ADG tahap II bisa cair secepatnya,” imbuhnya.

Lanjut Edy, sejumlah desa yang masih dalam proses pemeriksaan berkas persyaratan pencairan anggaran desa tahap II yang telah diajukan ke BPM, PP dan KS untuk saat ini terdapata lima desa yang memenuhi syarat dikeluarkan rekomendasi untuk pencairan anggaran di Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK) Abdya.

“Sudah mendapat kepastian dari pihak pendamping bahwa sampai akhir bulan ini, seluruh desa mengajukan berkas persyaratan pencairan anggaran desa tahap II,” jelasnya.

Komentar

Loading...