Unduh Aplikasi

Pukat Harimau Resahkan Nelayan di Aceh Utara

Pukat Harimau Resahkan Nelayan di Aceh Utara
Salman. Foto : Salman

ACEH UTARA - Ratusan nelayan di Kabupaten Aceh Utara diresahkan dengan maraknya beroperasi pukat harimau di kawasan perairan Kuala Pasee, Kuta Geulumpang, Kecamatan Samudera.

Pasalnya, dengan hadirnya pukat harimau tersebut sejak lima bulan terakhir, pendapatan nelayan tersebut turun drastis dibandingkan sebelumnya.

“Kalau pukat harimau semakin marak, kami tidak bisa lagi mencari makan. Karena jarring pukat kami putus gara-gara terkena pukat tersebut,” kata seorang nelayan, Salman, didampingi beberapa nelayan lain di Kecamatan Samudera, Rabu (20/5).

Dikatakan Salman, pihaknya mengaku semenjak hadirnya pukat harimau tersebut, kehidupan nelayan sudah hancur berantakan, pasalnya pendapatan yang diperoleh tidak sesuai dengan uang minyak yang dikeluarkan saat melaut.

“Perekonomian nelayan terancam. Kalau sebelumnya dalam sehari kami bisa mendapatkan Rp700 ribu, saat ini hanya sekitar Rp30 ribu hingga Rp50 ribu saja, karena tidak mendapatkan ikan,” ujarnya.

Sambung Salman, dengan pendapatan tersebut, jangankan dibawa pulang menafkahi keluarga, untuk uang bensin melaut saja tidak mencukupi.

“Kami dan panglima laot tidak tau mau mengadu kemana, karena ada beberapa kali kami tangkap pemilik pukat harimau, namun ada saja oknum dinas atau oknum aparat yang berupaya membebaskan mereka,” tuturnya.

Pihaknya berharap, agar ada perhatian dari pemerintah untuk mencari solusi, agar kehidupan nelayan kecil bisa normal kembali.

"Jika keadaan terus menerus terjadi, maka akan mengancam kehidupan mereka khususnya di bidang ekonomi memenuhi kebutuhan rumah tangga," ujarnya.

Komentar

Loading...